Rabu, 02 November 2011

kartu basket

sekitar kelas 6 SD anak-anak di sekolah gw dan juga sodara gw maen kartu basket. waktu itu gw gak tau apa itu. dan karena itu adalah hal yang baru setelah gw bermain tamiya, jadinya sangatlah menarik buat gw. padahal, semua orang yang ada di kartu itu aja gw gak kenal. tapi seiring dengan semakin minat nya gw bermain basket, jadilah semua hal-hal yang berbau basket gw serap. apalagi periode 1991-1992 NBA dengan bola basketnya sangat mendunia sekali. menjadi trend baru. lu akan ketinggalan jaman kalo gak tau apa itu NBA ato bola basket. semua orang memakai pernak-pernik NBA ato basket. semua orang lumrah pake sepatu basket, walopun gak bisa maen basket.

nah kembali ke kartu basket, saat itu kartu basket dijual per bungkus. isinya rata-rata dari 8-12 kartu. dimana setiap bungkus isinya sangatlah random dan ada kemungkinan double. waktu itu kartu basket sebungkusnya gak sampe lima ribu rupiah untuk yang paling murahnya dan ada yang lebih dari sepuluh ribu rupiah untuk merk tertentu. oiya kartu basket juga ada merk-merknya. dan gw sebagai nubie, mencoba membeli semua merk. yang bedanya adalah di design dan tampilannya aja.

semakin lama gw bermain basket dan semakin banyak info yang gw serap tentang NBA maka gw semakin kenal dengan pemain NBA yang ada di kartu basket itu. jadi nya gw udah bisa tau mana pemain jago mana pemain yang gak jago. beberapa orang di sekitar gw dan yang gw kenal, mereka memilih untuk mengoleksi pemain kesukaannya. dan ada juga yang mengoleksi karena suka dengan tampilan kartunya.

semakin kesini sekitar tahun 1994, gw mulai membeli majalah basket import. waktu itu belinya di rubino melawai plaza. toko buku import gitu. oiya harga dollar yang masi murah, gak bikin harga majalah jadi gak masuk akal kok. waktu itu harga majalah basket antara sepuluh ribu rupiah sampe lima belas ribu rupiah. lagi-lagi tergantung merk.

hingga suatu saat gw beli majalah basket yang namanya Beckett. ternyata majalah itu ada lah panduan untuk kolektor kartu basket. jadi selain ada artikel tentang pemain NBA, juga ada panduan harga kartu basket dari pertama kali dicetak. lengkap lah! dari situ mulai lah gw seleksi mana aja kartu gw yang harganya lumayan.

ternyata majalah itu adalah majalah bulanan. dan mulailah rutin gw beli majalah itu setiap bulan buat meng-up date harga-harga kartu gw. dan dengan info-info kaya gini lah gw jadi tau setiap kali masuk ke toko kartu basket. dalam artian, gw jadi punya panduan untuk setiap harga kartu. apalagi kartu yang gw incer. jadi gak bisa di boongin gw.

nah waktu itu ada tiga tempat favorit gw buat beli kartu basket. di melawai plaza, di pondok indah mall, sama di pertokoan pondok indah. sebenernya pernah juga beli di blok m plaza ato di bintaro plaza. tapi gw menghindari ke dua tempat tersebut. soalnya banyak tukang palaknya. kalo di melawai plaza, biasanya gw dianterin kalo gak sama bokap ya sama nyokap. jadi gw turun dari mobil, masuk beli kartu, mereka muter, biar gak bayar parkir trus cabut deh. apalagi melawai plaza deket sama sekolah dan rumah nenek gw. jadi sebelom pulang bisalah mampir sebentar. kalo yang di pondok indah mall, biasanya gw sama keluarga. soalnya jaman itu pergi ke pondok indah mall adalah suatu keharusan. apalagi kalo gak mau dibilang ketinggalan jaman. nah sementara nyokap gw shoping, bokap gw anterin adek-adek gw muter liat-liat, gw beli kartu basket deh. nah kalo yang di pertokoan pondok indah itu emang toko buat kolektor. karena di tempat yang sebelumnya gw sebutin, mereka jual kartu basket per bungkus. kalo duit lu lebih lu juga bisa beli per dus. sementara ini adalah benar-benar toko buat kolektor. yang gak cuma kartu basket aja. istilahnya semua memorabilia ada. termasuk dari dunia komik. nah disini lu bisa beli kartu per biji tergantung apa yang mereka jual. dan lu juga bisa jual apa yang lu punya. jadi ada tawar menawar tapi tetep pake panduan beckett itu.

di toko itu pula gw ketemu sama orang-orang yang cari duitnya dari jualan kartu basket. dalam artian, mereka cuma beli kartu yang nilai jual nya tinggi. sakitlah kalo gw bilang sih. soalnya gw sih apa yang gw dapet dari yang gw beli setiap bungkusnya itu, mau jelek ato bagus tetep gw simpen dengan rapih. karena bisa dibilang gw beli kartu basket dari duit gw sendiri. hasil nabung uang jajan, ato uang sedekahan. yaa pernah sih minta beliin sama bokap ato nyokap. sekali dua kali sih dibeliin. tapi seterusnya mereka udah gak mau. karena mereka pikir gw sakit. soalnya dengan maen kartu basket juga bisa dibilang gw jadi agak-agak anti sosial. kebanyakan dikamar memandangi kartu basket gw.

anyway, setelah masuk sma gw stop maen kartu basket dan beli kartu basket. karena waktu itu gw lebih banyakan maen basketnya. dan beberapa orang yang gw kenal juga udahan maen kartu basketnya. dan orang-orang di sekolahan gw juga udah gak maen kaertu basket. maka sejak saat itu kartu basket gw cuma tersimpan rapih aja. kadang masih gw tengok buat mengenang.

setelah era itu hidup gw terus berlanjut. walaupun udah banyak hal gw alamin, kartu-kartu basket gw masih tersimpan rapih. sampe akhirnya suatu hari ketika gw lagi iseng menelusuri dunia maya di sebuah forum, gw menemukan thread tentang kartu basket. mereka orang masi koleksi kartu basket ternyata. emang sih udah edisi yag terbaru. dan beberapa ternyata adalah pemain lama. orang-orang yang dulunya juga maen kartu basket dan sempat vakum. dan setelah ngobrol-ngobrol, ternyata sekarang situasi dan kondisi kartu basket udah berubah. sekarang lu gak bisa lagi beli bungkusan. bisanya satuan, dan maksimal beli dus-an. dan ternyata di indonesia udah gak ada lagi yang jual kartu basket. jadi kalo lu mau beli ya beli online dari luar negeri. ada sih yang masukin, dan dia tetep beli online juga, buat dijual lagi. jadi udah gak kaya dulu lagi. dan yang lebih sintingnya, kartu basket yang sekarang dijual per-kartu harganya minimal ratusan ribu!damn!

oke, emang gw sekarang lagi hot-hotnya maen hot wheels, dan gak terlalu minat untuk menambah koleksi kartu basket gw. dan gak rela juga buat jual koleksi kartu basket gw. jadi sekarang gw masih ada di tahapan penikmat kartu basket aja. dalam artian setiap ada yang pamerin kartu basket koleksinya di thread gw cuma nikmatin aja. gak kepengen dan gak mau juga. ato mungkin belom?

last but not least, ini adalah kartu gw yang paling mahal pada saat gw maen kartu basket. mungkin gak semahal punya orang-orang di luar sana. tapi gw mensyukuri apa yang gw punya. ternyata diantara sekian banyak kartu basket gw, ada juga yang nilainya lumayan.


upper deck 91-92 - michael jordan NBA mvp hologram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar