Jumat, 29 November 2019

nike air up


waktu tahun 94, gue beli sepatu converse LJ, dan sepatu basket gue jadi ada dua. jadinya gue udah gak ke toko sepatu lagi. jadinya gue gak tau sepatu apa aja yang ada di toko.

nah waktu itu sepatu basket gue cuma tau karena liat  dari kartu basket. nah yang gue taksir itu salah satunya nike air up ini. dipake sama anfernee hardaway.

waktu masuk sma. pas lagi P4, ada anak yang make sepatu ini. dan yang ngeheknya adalah dia gak maen basket. 

kalo nike bikin retronya gue beli nih.

cerita sepatu

gue generasi yang mengalami make sepatu basket untuk ke acara apapun. karena itu keren. bahkan ketika trendnya berubah ke sepatu running, itu masih keren. sampe sepatu skate sekalipun, itu masih keren. 

sampe lulus kuliah gue gak ngalamin maen futsal. gue dulu maen bolanya di lapangan gede. kalo orangnya kurang dulu maennya bola pasir di lapangan abc senayan.

nah makanya ketika waktu kerja ada acara kantor maen futsal, gue maennya pake sepatu apa aja yang gue punya. pernah pake converse all star, pernah juga pake sepatu skatenya airwalk.

jadi gue gak punya sepatu futsal.

nah ternyata generasi setelah gue adalah generasi yang maen futsal. jadi lumrah mereka punya sepatu futsal, dan sepatu futsalnya dipake ke acara apapun. 

waktu gue tau itu dari stand up comedy, gue ketawa. apa iya? sampe akhirnya gue menemukan sendiri. 

waktu itu di kantor ada yang kerja pake sepatu futsal. pernah juga liat di kondangan pake sepatu futsal. sungguh katro emang. kenapa? karena warnana gak matching sama baju yang dipake. sepatu futsal kan warnanya ngejreng. 

gue mau cerita, jauh sebelum kenorakan sepatu futsal ini, gue juga pernah ngalamin. dua kali.

pertama, pas kuliah. waktu itu di kampus UKM baseball aktif lagi. kawan gue ada yang ikutan. untuk itu dia jadi beli perlengkapan baseball dong. sepatu, glove, jersey. nah katronya dia adalah, sepatu baseballnya dipake kuliah. dafuq!

pas gue konfrontasi, kata dia, sepatu baseball mahal. jadi dia gak ada duit lagi buat beli sepatu yang bisa buat dipake buat kuliah, jadi biar dia gak rugi, dia pakelah sepatu baseball buat kuliah. 

kedua, pas kerja. tahun kedua gue kerja, kawan gue cerita, ada diskonan nike. dia ngajakin ngecek. gue gak ada duit karena lagi kredit motor, jadi dia pergi sendiri. akhirnya dia beli sepatu golf. dan dia pake kerja. dafuq lagi!

pas dia  konfrontasi, kata dia, mumpung murah nih. diskon. emang deh, kelas gak bisa dibeli. mungkin dia duitnya lebih banyak dari gue karena dia gak kredit motor, tapi dia katro. 

karena dia gue konfrontasi gitu, akhirnya itu sepatu dia bawa ke tukang sol, trus ganti sol. kan rugi ya. bener-bener katro dah.

indomie

gue pertama kali tau indomie kayanya jaman sd. lupa kelas berapa. dulu makan indomie itu semacam makanan rekreasi. artinya lu makan itu cuma di waktu tertentu.

nah dulu gue gak ngerti masalah persediaan makanan. pokoknya cuma tau kalo jam makan siang jam makan malem ya ada makanan.

nah misalnya sore hari ketika emak gue nawarin indomie buat cemilan sambil nonton tv. waktu itu seringan yang dibikinin adalah indomie goreng.

fast forward ke jaman sma, akhirnya gue jadi tau masalah persediaan makanan, karena waktu itu kita udah gak pake pembantu. jadi ketika emak gue abis belanja bulanan kita bantuin nyimpenin itu belanjaan. jadilah gue tau nyimpen indomienya dimana.

nah waktu itu gue cukup gila. karena indomie goreng gue bikin kaya anak mas. gue cemilin sambil nonton tv. jadi gue remek lalu kasih bumbunya. nah biasanya minyak sama kecapnya gue buang.

nah di jaman sma juga gue udah makan indomie di warkop. diajak bokap gue. dan saat itu karena rasanya lebih enak daripada indomie bikin di rumah, asumsi kita, tukang warkop bikin indomienya pake bumbu khusus. bumbu yang dia bikin sendiri.

nah pas jaman nganggur karena gak kuliah abis sma, gue masih melakukan hal yang sama kalo emak gue nyetok indomie. gue gadoin sambil nonton tv. tapi kali ini minyak sama kecapnya gue simpen. buat campuran kalo bikin nasi goreng.

permasalahan gue saat itu adalah kalo beli indomie gue gak pernah beli sendiri. jadi gue gak tau harganya. gue juga makan indomie ya kalo emak gue nyetok. 

makanya pas jaman kuliah tinggal di rumah nenek gue, kalo gue gak kebagian makan, gue gak berani beli indomie di warung. selain karena duitnya terbatas gue juga gak tau harganya. 

ternyata jaman itu, harga indomie di warung adalah 700 rupiah saja. 

nah ketika gue udah kerja dan akhirnya belanja bulanan baru tuh gue beli indomie sendiri. gue saat itu beli dengan harga 1300 rupiah. sampe sekarang udah harga 2500-2700 rupiah.

berikut beberapa cerita gue tentang indomie : 

- gue pernah makan indomie rebus sekali tiga bungkus. waktu itu rasa soto. yang bikin kenyang banget karena kuahnya banyak dan gue abisin.

- rekor gue makan indomie goreng sebanyak lima bungkus. tapi gak dibikin sekaligus karena piringnya gak muat. jadi gue masak tiga bungkus dulu. trus nambah dua bungkus lagi. 

sekarang gue kalo ke warkop udah jarang makan indomie. kalo lagi kepengen banget aja. karena secara harga lebih menguntungkan bikin sendiri. misal, makan di warkop indomie pake telur seharga 10 ribu rupiah. nah kalo bikin di rumah dapet empat bungkus.

yang mengejutkan ketika sekitar tahun 2011, saat itu gue udah menggunakan internet di rumah. lagi online, tau-tau ketemu sejarah indomie di kaskus. lalu kawan gue share video klip rap, seorang rapper inggris dengan lagunya indomie, dan videonya ala gangsta tapi bukan duit atau drugs di videonya tapi indomie. dimana di video itu indomie menjadi sesuatu yang berharga. gue shock.

oiya lu bisa cek di youtube video itu. search aja.

lalu menemukan fakta lagi orang afrika, khususnya orang nigeria menjadikan indomie sebagai makanan utama mereka. bahkan, di nigeria ada pabrik indomie. gila! gue terkejut. 

sekitar 2016, gue menemukan lagi video-video di youtube orang-orang review indomie dan mengatakan itu enak sekali dibandingkan mie instan lainnya. yang mengejutkan adalah yang review bukan orang indonesia. 

jadi kesimpulan dari cerita ini adalah, indomie yang sekarang sama kita orang indonesia dianggep makanan apalah, tapi sama orang luar negeri dianggep makanan mewah. keren banget. 

mungkin sama kaya hamburger kita anggep makanan mewah, tapi buat orang bule hamburger ya makanan gitu aja. mungkin kaya gitu.

anyway, indomie yang gue suka rasanya berubah-rubah nih dari dulu sampe sekarang. jadi gue gak punya rasa favorit.

kalo indomie goreng udah pastilah. 

nah kalo indomie rebus, dulu gue suka banget sama rasa soto. sampe akhirnya pindah ke rasa kari. 

lalu, sekarang-sekarang ini karena suatu kali di warkop nyobain rasa ayam bawang, jadi kalo makan indomie di warkop gue pesennya ayam bawang. 

sementara kalo bikin indomie di rumah, waktu itu gue sempet ketagihan sama rasa soto spesial, karena kawan gue di kantor beli itu dan lebih lalu gue masak nyobain dan enak lalu ketagihan. tapi semenjak nyobain rasa soto lamongan, gue jadi berpaling. 

nah yang terupdate banget nih, gue sekarang kalo makan indomie goreng yang rasa ayam geprek. gue suka pedesnya. jadi gue gak usah nyetok sambel botol lagi dan makan indomie goreng biasa sampe merah warnanya. 

gue pernah ada masanya makan indomie terus tiap hari. makannya di warkop tapi biar gak ribet masak. dan waktu itu ada omongan kalo kebanyakan makan indomie bisa usus buntu, bahkan sampe-sampe luna maya kena kasus karena ngomong gitu, gue gak peduli. gue makan terus.

nah yang bingungnya adalah, kan kita makan indomie kenyang ya rasanya ya, tapi kenapa kalo makan indomie terus malah jarang pup? 

sampe akhirnya gue bosen juga makan indomie tiap hari, akhirnya gue stop makan indomie. dan setelah sebulan gak makan indomie ternyata badan rasanya lebih enak. entahlah, sugesti atau ada ilmiahnya.

sekarang gue makan indomie kalo lagi kepengen dan udah gak tertahankan lagi aja. lebih ditahan-tahan. 

Kamis, 28 November 2019

Rabu, 27 November 2019

Selasa, 26 November 2019

premier PC 480 - agfa vista plus 200

ini adalah film ketiga yang gue kirim ke rawalab. menggunakan kamera premier PC 480 dan film agfa vista plus 200. dari total 38 film yang didapat, cuma 34 yang jadi. sisanya gelap. 

well, dari tiga film yang udah dicetak ini, yang gue pelajari adalah film dengan asa kecil, baiknya digunakan di outdoor. walaupun gue tau itu tapi gue suka gak tahanan. anyway, ini dia : 



































indomie fusion : soto lamongan X ayam spesial

gue kepikiran, apa jadinya jika indomie dicampur makannya. toh selama ini biasanya juga makan dua bungkus yakan? nah ini dua bungkus dengan rasa yang berbeda. 

akhirnya karena di toko tersedia pilihannya gak banyak, gue pilih rasa soto lamongan dan rasa ayam sepesial.


setelah kurang lebih lima menit menunggu, persiapan dan masaknya, jadi juga. ini dia : 


dan hasilnya adalah, kuahnya berasa banget soto lamongannya. antara rasa jeruk dan koyanya. sementara mienya lebih berasa gurih dan aasin dari ayam spesialnya. overall, rasa ayam spesialnya kalah sama rasa soto lamongannya.

menarik. mungkin nextnya gue akan coba fusion rasa lainnya. nantikan.

Minggu, 24 November 2019

superstar

baru aja gue denger lagunya project pop di radio yang judulnya pacarku superstar. 

abis itu, pas lagunya kelar, penyiarnya bilang, apa rasanya ya jadi superstar?

gue jadi inget pertanyaan itu.

beberapa hari terakhir, di radio yang gue dengerin ini muterin lagunya coldplay yang yellow.

dan gue ngetwit, 2019, lagu yellownya coldplay masih enak aja. well, gue bukan pendengar coldplay sebenernya. jadi ada cerita dibalik itu.

waktu kuliah, pas angkatan 2000 masuk, kawan gue naksir sama si tas kuning. yang kawan gue dan gue gak tau siapa namanya.

pas coldplay keluar, yang yellow itu gue tau dari tv. karena suka nonton mtv. tapi yaudah gitu aja. karena saat itu gue lagi dengerin musik-musik bawah tanah.

sampe akhirnya adek gue beli kaset coldplay. tapi karena gak ada liriknya, adek gue yang listening inggrisnya oke, nulis liriknya di kertas biar bisa dinyanyiin. nah pas gue baca liriknya, lumayan keren juga.

dan di kampus karena gue orangnya tipe pengamat, gue amati si tas kuning itu lumayan populer untuk ukuran orang yang gayanya nerd. banyak yang naksir. 

gue jadi bertanya-tanya, apa rasanya ya jadi superstar? 

lomo fisheye 2 - fujicolor C200

ini film kedua yang gue kirim ke rawalab. fujiolor C200. kameranya pake lomo fisheye 2. dari total 36 film, cuma 34 film yang jadi. ini dia :