Jumat, 01 Juli 2011

Sang Komandan

gw masi inget banget waktu pertama kali danis ngepost sepedanya di thread FnF. dan gw langsung jatuh hati sama itu sepeda. kenapa? karena sepedanya dia bergaya hotrod. yes! frame warna hitam doff, dan rim warna merah darah. udah gitu dia pake ban 26. keren lah pokoknya! sampe akhirnya dia dapet pencerahan. karena awalnya sepedanya dia torpedo. ato istilah kerennya pake coaster brake. jadi bukan fixed gear. sebelumnya yang maen di thread FnF ada orang bandung. tapi kurang terkordinasi. apalagi waktu itu di bandung sendiri belum ada car free day. jadi masih sebatas gowes bareng aja. padahal saat itu bandung udah punya acara keren. WEKEEND ROADRUNNER. dan lucunya danis entah sadar ato enggak berusaha mengumpulkan massa buat gowes bareng. dan kerennya dia suka posting sesuatu, walopun gak banyak yang komentarin, tapi dia tetep posting apa yang dia suka dan dia rasakan. itu keren! sebelum FnF jakarta resmi, FnF bandung duluan memplokamirkan diri. mereka bikin logo duluan.


pertama kali ketemu danis waktu FnF gath 1st anniversary. danis dengan jiwa kepemimpinannya ngeboyong barudak FnF bandung dengan nyarter bis. keren banget! salut buat kalian. terakhir ketemu danis waktu acara fixedfest 2011 kemarin. lagi-lagi anak bandung dateng dengan dikomandani danis. walopun sempat terjadi insiden sama anak bandung, tapi mereka pulang dengan senyum. berikut wawancara singkat gw dan danis sang komandan di sela-sela kesibukannya dia. enjoy!

gw : tau FG dari mana dan kapan?
danis : tau fixedgear dari kaskus, lebih tepatnya dari komunitas fnf. dari komunitas itu gw awal tau fixedgear & pelan pelan mulai ngerti seluk beluknya. awal tau fixedgear dan mulai bangun sepeda kira-kira sekitar bulan desember 2010 - januari 2011.

gw : rasanya gowes FG apa?
danis : hmmm, rasanya gowes fixedgear itu....enak & bikin nagih! hahaha entah kenapa gw ngerasa nyaman gowes fixedgear. mungkin karena efek gowes gakberenti-nya kali ya, kaki bergerak terus jadi lebih dapet "feel" gowesnya. padahal sebelumnya gw udah nyobain sepeda macem roadbike & sepeda gear torpedo, tapi gak ada yang senyaman gw gowes fixedgear (serius!). dan karena enak, nyaman & bikin nagih ini akhirnya selama hampir 7 bulan ini gw murni pake sepeda fixedgear gw buat transportasi sehari-hari di bandung.

gw : nah kan lu di bandung, dan udah pernah ke jakarta waktu fixedfest. bedanya scene FG di bandung dan jakarta apa dari perspektif lu? secara bandung juga scene FGnya berkembang pesat. terus kendalanya apa make FG di bandung?
danis : bedanya, secara keseluruhan scene fixedgear bandung gw akui memang kompak. mungkin dikarenakan daerah bandung yang lumayan kecil & kemana-mana deket jadi tiap gowes pasti ketemu orang-orangnya dia lagi dia lagi hahaha. karena keseringan ketemu itu jadi sering gowes bareng lah, dan pada akhirnya makin lama makin kompak. kalo kendalanya gowes fixedgear di bandung, mungkin dari tipikal jalanannya yah. kebanyakan turunan dan tanjakan dan juga aspal dsini banyak yang kurang tertata rapih. kalo kata gw sih, gowes fixedgear di bandung itu kudu pinter-pinter "mainin" gear-ratio sampe dapet settingan yang pas buat kaki lu. settingan ratio gear yang pas di sini maksud gw settingan dimana lo masih sanggup melibas tanjakan tapi gak terlalu ngicik pas turunan. rata-rata sih anak-anak fnf bandung pake gear-ratio yang medium hehe.

gw : sampe bisa terbentuk FnF bandung gimana? dari nongkrong bareng, melalui forum ato apa?
danis : kalo dari gw pribadi sih ya bercermin dari fnf pusat (jakarta) aja ya, yang berawal dari forum kaskus nah fnf bandung juga awalnya dari kaskus, bahkan satu topik diskusi (thread) kan sama fnf pusat. dari kaskus awalnya gw coba iseng-iseng kumpulin para pengguna fixedgear yang berdomisili di bandung. masih seger dalam ingatan gw, 16 Januari 2011 itu pertama kali anak-anak fnf cabang bandung kumpul pas CFD, saat itu yang dateng cuma 4 orang. awalnya sih fokusnya nyari member dari forum kaskus aja, tapi makin kesini justru member di luar kaskus yang banyak dan alhamdulillah sekarang udah terkumpul 50 pengguna fixedgear yang aktif gowes bareng (yang non-aktif sih ada sekitar 150an, itu jumlah member yg tergabung di grup fb fnf bandung - info dari danis).

gw : punya harapan yang belom tercapai dari FG?
danis : harapan gw tentang fixedgear dari sisi pribadi gw, yaaa gw berharap gw bisa bangun sepeda dengan spek yg bagus tapi dengan duit hasil kerja keras & keringet gw sendiri. emang sih sekarang udah punya sepeda dan kalo kata gw sepeda gw sekarang udah bagus banget. bukan bermaksud narsis lho! tapi yah namanya juga manusia gak akan pernah punya rasa puas. gw masih penasaran pengen ini-itu lagi tapi pengennya sih dari duit sendiri. ini makanya pelan pelan nabung dan kalo perlu, potong duit jajan demi upgrade hehe.

gw : oke pertanyaan terakhir. di FnF bandung kontribusi lu besar banget, gimana caranya ngerahin masa segitu banyak sampe akhirnya jadi lah FnF bandung dan apakah mereka yang gabung sama FnF bandung ada yang gabung sama genk sepeda laen?
danis : nah itu gw juga sampe sekarang masih bingung, kok bisa-bisanya gw ngumpulin orang sebanyak itu buat gabung & ikut gowes bareng fnf bandung ini hahaha. bukan bermaksud ge-er ato gmana, tapi mereka biasa manggil gw "komandan", walopun gw sendiri ngerasa kurang kompeten buat menjadi seorang pemimpin. tiap mau ada acara entah itu sekedar gowes bareng ato acara besar, kaya dateng gathering fnf pusat, partisipasi di acara fixedfest & kompas-fixieforfun, itu pasti nunggu keputusan dari gw dan gw amat sangat respect ke mereka. rata-rata sih semuanya masih setia gowes bareng fnf bandung, walaupun ada beberapa member yang ikutan komunitas sepeda di kampus/sekolah masing-masing tapi terlihat dari intensitas gowes mereka yang lebih sering bareng "barudak" fnf bandung ini bisa gw simpulkan kalo fnf masih tetep nomer 1 di hati mereka hahaha. intinya mah, kami fnf bandung bangga bisa jadi anggota keluarga besar komunitas fixed & furious. salam gowes!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar