Selasa, 10 Maret 2020

soto mie


lu tau soto mie? kalo sekarang sih udah banyak ya. dimana-mana ada. 

gue mau cerita nih, pertemuan gue dengan soto mie.

gue dulu cuma makan soto ayam. itu juga kalo emak gue masak. 

sampe akhirnya pas kelas 3 SD, di sekolah, ada tukang jualan soto ayam. dulu harganya semangkok pake nasi dicampur cuma 300 rupiah saja.

nah jadi masalah persotoan itu, gue cuma taunya soto ayam.

suatu weekend, gue masih SD juga, gue pas lagi nginep di rumah sodara gue, kita diajakin ke puncak. karena om gue mau gathering. gue masih inget nama villa kita nginep. namanya evergreen. gak tau deh masih ada apa engga tuh villa.

anyway, pas lagi sore-sore gitu di sana, lagi acara bebas, gue sama sodara gue lagi maen lari-larian, dipanggil sama om gue. ditawarin mau soto mie apa engga.

gue pas dengernya, wah aneh nih namanya. soto mie. soto pake mie gitu? karena dulu gue taunya mie itu adanya di mie ayam atau mie bakso.

karena penasaran, gue mau aja. 

sambil makan, om gue bilang, jarang-jarang nih ada soto mie. di jakarta susah. gue yang waktu itu gak ngerti, iya-iya aja.

jadi soto mie itu, abangnya pake pikulan. bukan gerobak. lalu sotonya kuahnya bening, bukan santen. ada mienya. ada risolnya. dan pake kikil. gak pake nasi.

gue yang waktu itu ditawarin, ya enak-enak aja makannya.

pas pulang ke rumah, emak gue nanya : makan apa aja di puncak? gue cerita, makan soto mie.

emak gue langsung kepengen. karena kata dia, soto mie susah di jakarta. kata emak gue, kalo orang mau makan soto mie, musti ke bogor. karena soto mie asalnya dari bogor. 

maju ke awal tahun 2000-an, waktu bokap gue lagi masuk rumah sakit, pas kita lagi jaga dan mau cari makan, di depan rumah sakit ada soto kuning bogor. gue yang dengan pengetahuan kurang, langsung bilang itu soto mie. karena sama-sama dari bogor. tapi taunya bukan.

anyway, setelah gue udah kerja, waktu itu soto mie udah dimana-mana. gampanglah kalo mau makan soto mie di jakarta. tapi, masih pake kikil dan gak ada nasinya.

makanya pas ketemu tukang soto mie yang ada nasinya, langsung gue jadiin langganan.

dan kebetulan, waktu itu di depan rumah nenek gue, mangkal tukang soto mie. tapi gak pake nasi. dan gue gak masalah. karena nasinya tinggal ambil dari rumah nenek gue. 

maju lagi ke tahun 2017, waktu itu gue nemu tukang soto mie deket rumah gue yang sekarang. dan gue demennya harganya cuma ceban. alias 10 ribu. jadi cuma selembar aja kalo bayar. tapi gak pake nasi. jadi gue beli bungkus. nasinya di rumah.

nah pas gue cerita ini sama emak gue, dia jadi mau. tapi gak mau pake kikil. lah, selama ini jadi emak gue kalo beli soto mie gak pake kikil karena gak doyan kikil. padahal itu ciri khasnya kan ya kayanya? 

maju lagi ke tahun 2019, gue terkejut karena menemukan tukang soto mie lagi deket rumah, tapi beda tukang sama yang sebelumnya, karena gak pake kikil. tapi pake daging. dan ada nasinya.

ya gue seneng-seneng aja. tapi jadinya harganya lebih mahal. tapi ya gapapa. toh enak ini soto mienya.

kemarin, pas makan soto mie di tempat itu, gue kaget lagi. karena semua yang makan cuma makan soto mienya doang. cuma gue yang pake nasi. 

pas gue cerita sama bokap, kata dia, emang gitu orang makan soto mie. gak semua soto harus pake nasi katanya. 

entahlah.

jadi sekarang, soto mie udah banyak. dimana-mana ada. ada yang pake kikil ada yang pake daging. gapapa. jadinya banyak pilihan. 

soto mie udah berevolusi. dari makanan iseng pake pikulan, jadi makanan restoran pake nasi. nambah kerupuk. minum air jeruk. ada acarnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar