Sabtu, 31 Maret 2012

sepenggal cerita dari SMA

awalnya pas gw masuk sma tahun 1995 ke 1996 gitu lah gw masi sangat bersemangat dengan yang namanya basket. gw berharap semua anak-anak di sekolah gw pada maen basket. apalagi angkatan gw adalah anak-anak basket di smp-nya yang pada gak masuk ke sekolah negeri. dan kakak kelas gw juga banyak anak basketnya. jadi kalo sampe ada class meeting ato minimal ngadu basket antar angkatan angkatan gw yang masi kelas satu bisa juara lah.

waktu cawu satu, sempet ada ngadu basket gitu. tarohannya teh botol satu krat. kelas satu lawan kelas dua. dan yang nonton selaen cewek-cewek juga alumni. sementara gw kenal sama alumninya. sempet maen bareng waktu gw masih smp dan mereka masi sekolah di sma gw. jadi gw juga mau tampil lah.

ternyata skor akhir kelas satu kalah tipis. cuma masalah mental dan ego pribadi yang belom bisa diredam, karena pada mau tampil.

nah petaka muncul pas cawu dua. lapangan basket di sekolah gw digusur. alasannya mau di bangun gedung baru. akibatnya semua orang yang tadinya menghabiskan hari-harinya di lapangan basket jadi pada kebingungan. gak tau musti ngapain.

alhasil semuanya jadi doyan nongkrong. malah banyak yang terjerumus nongkrong sambil narkoba. nah ternyata narkoba pun ada kastanya. waktu itu awalnya putaw masuk ke jaman gw. dan harga putaw bisa dibilang mahal untuk ukuran uang jajan anak sekolahan. jadinya yang nongkrong ke bagi dua. semuanya tetep narkoba. cuma yang bedain apa yang dikonsumsinya. yang orang kaya narkobanya putaw dan maennya bawa mobil ke sekolah. yang kelas bawah narkobanya ganja dan naek bis ke sekolah dan pulang sekolah tawuran dulu.

waktu itu bisa dibilang gw beruntung. karena gw masuk ke dua-duanya kelompok itu. gw sih gak pake putaw ato ganjanya. tapi gw ikutan nongkrong sama mereka. pulang sekolah kalo ada tebengan brarti gw ikutan nongkrong sama yang naek mobil. kalo gak dapet tebengan pulangnya nongkrong sama yang naek bis. dan pulangnya kita tawuran dulu. jadinya temen gw banyak.

hal yang paling sedih adalah liat temen-temen gw yang punya bakat di basket tapi kebuang sia-sia, gara-gara gak ada lapangan basket dan mereka malah jadi junkie. tapi sayangnya pihak sekolah gak ngeliat hal itu. mereka gak liat lapangan basket adalah tiket untuk membuat generasi jaman gw gak terperangkap narkoba.

lucunya pas gw kelas tiga, gw kan masuk IPA. nah di kelas gw itu banyak yang anak-anaknya bisa dikategorikan anak nakal. malah yang barengan sama gw kelas duanya pas masuk IPA cuma ada 1 orang cowo dan 2 orang cewe.

kelas tiga bisa dibilang lebih parah sih. apalagi angkatan gw adalah yang berkuasa di sekolah. beberapa temen gw malah ada yang jadi bandar dan jadi target operasi polisi. tapi dia gak pernah ketangkep. dan dia jadi penyuplai ke ade kelas gw. angkatan gw yang drop out juga banyak. yang gak sampe lulus juga banyak. yang gak naek kelas juga banyak. tapi sedihnya banyak dari mereka tuh dateng dari keluarga menengah ke bawah. benar-benar jerat narkoba tuh sadis banget!

lulus sma, itu pas jamannya krismon. selaen gw gak mau kuliah dulu karena mau maen basket, orang tua gw juga gak mampu biayain gw kuliah. jadi gw putus hubungan sama temen-temen sma gw. karena di satu sisi gw ada rasa malu dan minder juga liat mereka kuliah dan gw gak mampu kuliah.

waktu itu lapangan basket adalah pelarian gw. gw cuma mau jadi yang terbaik di lapangan basket. buat nunjukin ke orang-orang gw juga adalah sesuatu. walopun itu cuma sementara. walopun itu cuma dilapangan basket.

sampe akhirnya gw kenal sama yang namanya media sosial. awalnya friendster. lanjut ke facebook. dan sekarang udah ada twitter. tapi pas jamannya facebook itu, gw ketemua lagi sama temen-temen sma gw. walopun cuma di dunia maya. beberapa ada yang udah sukses. ada yang udah jadi orang. ada yang udah meraih mimpinya, ada yang masi gitu-gitu aja. dan ada yang akhirnya meninggal karena implikasi dari narkoba yang mereka konsumsi jaman sma dulu. dan gw tetep menjalani hidup gw dengan keadaan yang gw doang yang tau.

makanya kalo ada beberapa orang anggep gw udah sukses lah, ato ada yang bilang ini lah itu lah, shut the fuck up man! waktu gw terpuruk lu semua gak tau kan? lu cuma tau apa yang gw punya sekarang.

gw jadi teringat kata-kata temen gw pas kita abis P4 waktu baru masuk kelas satu sma dulu. dia bilang jaman paling indah itu adalah sd dan sma. soalnya waktu sd, kita gak mikirin apa-apa selaen maen dan maen. dan jaman sma adalah kita nemuin hal-hal yang bisa ngebentuk kita kedepannya kemudian. waktu itu gw cuma manggut-manggut aja dengerinnya.

tapi kalo gw mengenang lagi, justru gw suka jaman smp. karena waktu smp gw bisa maen basket sepanjang hari. penuh dengan mimpi-mimpi suatu hari nanti gw bisa maen di NBA.

jaman sd?fuck lah. gw gak tau apa-apa cuma karena gw dirumah anak pertama. temen-temen gw yang laen pada punya kakak, punya abang. mereka dapet contoh entah itu baik ato buruk, jadinya mereka duluan tau daripada gw. dan jadinya mereka keren duluan di sekolah.

jaman sma?semua mimpi hancur berantakan cuma karena lapangan basket digusur. semuanya pada narkoba. dan akhirnya jaman sma terbuang sia-sia.

jaman kuliah awalnya terasa berat, karena semuanya individualistis. sampe akhirnya gw buat kehidupan gw sendiri di kampus. dan jaman kuliah gw bisa maen basket sepanjang hari, gw menemukan hal-hal baru yang keren yang bikin gw gak mau lulus kuliah. tapi itu gak mungkin juga. lulus kuliah? welcome to the real life bro!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar