Senin, 01 April 2019

bburago

gue kenal merk bburago dari tahun 1994. waktu itu suka ke rumah temen gue, dia dan keluarganya koleksi die-cast 1:24. dipajang di lemari kaca. mobilnya supercar gitu. merk bburago. 

gue yang waktu itu otaknya cuma basket dan sega, ya cuma ngeliatin aja. gak naksir-naksir banget.

circa 96-97, ketika gue lagi giat-giatnya memodif die-cast, dimana waktu itu gue main die-cast 1:24, karena bisa gue pake parts dari mokit, gue ketemu sama merk bburago.

waktu itu gue perhatiin kebanyakan rilisan bburago itu supercar, ato minimal mobil-mobil eropa. ada sih beberapa mobil amerika, supercarnya amerika. gue kurang berminat. 

gaya modif die-cast gue waktu itu hanya sekedar ceperin, bikin ala mobil drag. jadi, supercar kurang cocok untuk itu.

referensi gue waktu itu adalah mobil-mobil yang gue lihat dari majalah hot rod. 

tapi ada satu mobil yang kayanya lucu nih. fiat 500 cinquecento. waktu itu gue anggep itu fiat uno. 


gue bikin ala fiat uno drag race. 

tapi terakhir gue ganti lagi ala mobil rally. gara-gara, kalo dicelupin, bannya gak bisa muter. 

sampe akhirnya tahun 1998, waktu itu belum krismon, gue abis dapet duit dari om gue. dimana duitnya gue belanjain buat beli kaset. dan masih ada lebihannya. 

gue inget, gue ke pasaraya blok m, ke bagian mainan, mau cari bahan. 

ketemulah bburago citoren 15 cv ta (1938). rilisan bburago. ini bukan die-cast jadi, melainkan kit. jadi lu musti rakit dulu. gue beli seharga 70 ribu.

yang bikin gue naksir, gue ngeliat ini ada kemiripan sama ford hot rod yang biasa gue lihat di majalah hot rod. 

nih kaya gini : 




gue sempet ketawain hasil karya bburago ini. soalnya ala mokit, tapi berbahan die-cast. 

gak perlu skill banget ngerakitnya!

tapi sialnya keburu krismon. jadilah gue gak sempet modif ala hot rod. ala ford hot rod. cuma nganggur di lemari pajang emak gue doang.

pas tiga kali pindah rumah, gue baru ngeh mobil ini. karena sebelumnya gue banyak ngabisin waktu di jalan, waktu itu juga otak gue cuma basket, eh pas gue tanya ke bapak gue, katanya gak tau. alhasil gue anggep ilang aja.

maju ke tahun sekarang, gue main die cast hot wheels, yang skalanya 1:64. kadang pas hunting online, gue iseng ngecek die-cast skala 1:24, bburago gak terlalu populer. di toko mainan juga, udahlah harganya lebih mahal, variannya juga dikit. masih bermain di area mobil eropa. kayanya yang bikin mahal licence buat merk-merk eropa kali ya? 

coba bandingkan dengan merk jada. udah dalam kondisi modif. atau maisto yang variannya selain ada mobil eropa ada juga mobil amerikanya. 

kayanya udah kalah telak sih bburago. walaupun gue ngerti dia ngincer pasar penyuka mobil eropa. tapi gaya pemasarannya masih gitu-gitu aja. masih sama kaya tahun 1996 menurut gue. 

anyway, di dalem dus kit bbrago yang gue beli itu, ada katalognya. isi katalognya ada yang skala 1:18 dan skala 1:24. karena gue gak suka skala 1:18, maka kita abaikan aja. 

kalo sambl pup, suka gue bawa katalognya buat ceki-ceki. nah skala 1:24 ini ada dua varian. mobil standar pabrik sama versi mobil balap.



untuk mobil standar pabrik, pastinya ferrari F40 dong. nah kalo untuk mobil balapnya gue naksir lancia delta S4. ini dia : 



kayanya kalo gue isengan gue bakalan nyari nih lancia delta S4. haha..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar