Senin, 11 Mei 2020

cerita tentang sepatu air jordan

gue tau sepatu jordan pas kelas 6 sd. waktu itu jordan yang beredar di sekolah adalah jordan 6 infrared. atau kita dulu bilangnya jordan 91. 
waktu itu gue gak tau sih harganya. cuma yang make di sekolah itu cuma ada 2 orang. dan mereka anak orang kaya. 

di saat itu juga, anak kelas 5 ada yang pake jordan 5. fire red.

nah, karena kita taunya sepatu jordan itu yang jordan 6, maka kita sebagai anak kelas 6, bilang kalo jordan 5 anak kelas 5 itu jordan palsu. 

tapi, karena sodara gue anak kelas 5, maka gue suruh sodara gue tanyain, itu jordannya kok beda? 

jawabannya adalah dia beli di singapur. 

dan kita anak kelas 6, tetep nganggep itu jordan palsu.

tapi gak lama, anak itu pake jordan 6 yang carmine. 

nah karena modelnya sama, tapi warnanya beda, kita masih ragu. tetep kita bilang itu jordan kw. 

asli bego banget!

info dari sodara gue, itu dia beli di singapur. 

mungkin jordan 6 carmine gak masuk sini. entahlah. soalnya, kawan gue yang pake jordan 6 infrared bilang, waktu mereka beli di toko, gak ada warna itu.

gue sih gak tau. karena waktu itu gue gak pernah main ke toko sepatu. 

dan ternyata, sodara gue yang lainnya, punya jordan 6 yang beda warna lagi. yang putih biru.

gak lama dari drama-drama jordan 6 itu, gue masuk smp.

nah di smp, ada kawan gue pake jordan 6 yang lain lagi warnanya. yang putih merah. 

pas gue tanya, entah dia ilmunya dari mana, dikasih tau deh tuh jordan 6 ada warna apa aja. 

dan besoknya dia bawain kartu michael jordan. dia kasih liat sepatu jordan yang dipake jordan di kartu itu. salah satunya jordan 5 fire red yang dipake anak kelas 5 waktu itu. hahaha..

nah kawan gue itu jordan head banget. selain sepatunya, gaya main basket dia juga jordan banget. dan jago. bukan cuma gaya doang. makanya waktu itu kita respect sama dia pake jordan.

soalnya ada kawan gue yang lainnya pake jordan 7 raptors, tapi karena main basketnya gak sejago kawan gue yang jordan head itu, abis dia jadi bahan ceng-cengan. 

dianggep punya jordan karena mampu beli doang.

nah, jadi waktu itu era gue, lu kalo pake jordan tapi maen basket lu biasa aja, bakalan malu. karena bakalan dicengin. 

mendingan lu pake sepatu basket lain deh. biar aman. 

pas gue sma, gue gak terlalu banyak main basket. dan fashion saat itu udah berubah.

di sekolah gue, waktu itu kalo lu masih pake sepatu basket, lu bakalan dicengin. karena dianggep udah gak jamannya. 

tapi pas gue kelas 3 sma, karena lapangan basket di sekolah juga gak ada, ada 2 orang yang tau-tau make jordan. jordan 12. yang satu make yang putih merah. yang satu lagi yang item merah.

nah, mereka berdua bukan anak basket. tapi make jordan. jadi gue anggep mereka anak orang kaya aja. mampu aja beli jordan. walaupun entah kenapa.

kebetulan jordan 12 yang warna itu, gue udah pernah liat di tv. saat itu walaupun gue main basket udah jarang, tapi masih nonton basket nba di tv. kebetulan kalo bulls yang main suka ditayangin. walaupun gak live.

pas gue lulus sma, gue kan gak langsung kuliah. nah di jaman itu gue masih sedikit update sepatu basket dari majalah slam. 

beberapa majalah slam edisi saat itu gue dapet dari hasil tukeran sama adeknya temen adek gue. 

di majalah itu, gue jadi tau ada jordan jumpman. 

oiya, di era itu juga, jordan udah pensiun. jadi gue anggep itu jordan yang tetep dirilis tapi buat dipake pemain yang diendorse. gue anggep gitu. karena ada beberapa pemain saat itu yang pake jordan jumpman. contohnya, vin baker, eddie jones, derek anderson.

nah di era gue gak kuliah itu, gue jadi banyak main basket. kemana-mana. ketemu orang dari mana-mana. dan gak banyak yang pake jordan. 

tahun 2012, ketika gue memutuskan untuk kembali ke lapangan basket, waktu itu gue kaget. karena banyak orang yang main basketnya biasa aja, tapi pake jordan. gila berani banget!

sampe ke era sekarang. orang-orang yang gue temui saat bermain basket, banyak yang poser. ya gue gak bisa ngelarang sih. mereka punya duit. dan culturenya juga udah gak kaya jaman gue smp. 

nah sekarang masuk ke topik utama postingan gue ini. culture.

gue bersinggungan dengan nba itu sekitar tahun 1991. selain dari tv, video, kartu basket, ada juga majalah. waktu itu, semua gue perhatiin. detail. dan gue tidak menemukan ada pemain nba yang pake sepatu air jordan.

tahun 93, jordan pensiun. pas masuk ke musim 94, sepatu air jordan tetep dirilis sama nike. jordan 9. nah waktu itu gue cukup kaget, karena jadi banyak pemain nba yang pake jordan 9 itu. bahkan beberapa di sepatunya nomer yang harusnya 23, jadi nomer pemain itu sendiri. 

waktu itu gue mikirnya tribut buat jordan. 

pas jordan 10 rilis, makin banyak pemainn nba yang pake jordan. yang ikonik buat gue adalah yang pippen pake jordan 10 trus nunjuk sepatunya dan nunjuk ke kamera, seakan-akan nyuruh jordan come back ketika di saat yang bersamaan ada rumor jordan mau come back.

udah, pas eranya jordan come back, atau bulls threepeat yang kedua, itu udah banyak pemain nba yang pake jordan. 

jaman jordan pensiun kedua kali sampe akhirnya main di washington juga, dan banyak jordan retro dirilis, makin banyak pemain nba yang pake jordan.

sampai suatu hari di tahun 2013 atau 2014 gue lupa, gue pernah bertanya-tanya, era sebelum jordan pensiun pertama kali, atau era sebelum jordan 9 itu, ada gak sih pemain nba yang pake sepatu jordan?

dan gue menemukan jawabannya. waktu itu gue tanya sama sneaker head amerika namanya fat shawn kemp, kata dia beberapa pemain sempet ada yang pake sepatu jordan. tapi mereka dicengin sama pemain lainnya. karena make sepatu orang. mendingan pake sepatu basket yang bukan endorse-an. gitu katanya.

terakhir, gue baca di nice kicks, waktu itu juga nike gak bolehin pemain nba lain make sepatu jordan. karena itu nike bikin buat jordan.

nah pas jordan 9 rilis, jordannya sendiri kan lagi maen baseball, jadi nike takut penjualannya menurun. kebetulan beberapa pemain mau pake sepatunya, jadi dibolehin. beberapa sepatu rilis colorwaynya sama kaya jersey si pemain yang make. 

tapi ternyata, setelah gue ngubek-ngubek, ketemu nih pemain yang make sepatu jordan era sebelum jordan 9. ini dia : 



nah apakah masih ada lagi? gue belum nemu lagi sih. nanti kalo ada gue update deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar