Selasa, 07 April 2020

vlade divac

amerika waktu basketnya kalah di olimpiade 1988, ngeliat kekuatan basket eropa ngeri. karena pemainnya gak bermain sesuai posisinya. 

maksud gue gini, waktu itu basket amerika, semua pemain terpaku pada posisi. dan pelatih berperan besar untuk itu. 

contohnya, anthony davis. kalo lu liat dia sekarang bisa drible, bisa post up, bisa nembak 3, itu bukan kebetulan. tapi karena perjalanannya. 

maksud gue gini, dia waktu kecilnya seorang guard. makanya dia bisa drible kaya gitu. lalu seiring perjalanan, tubuhnya nambah tinggi, nah pelatih ngeliatnya ini adalah aset. jadilah dia pindah posisi. jadi main dalem. jadi big man. berubah pula lah gaya mainnya. jadi main post up. 

nba sekarang berevolusi. thanks to golden state. jadilah itu keuntungan yang digunain sama anthony davis. valuenya dia naik. karena big man di nba sekarang gak kepake. pada main small. kecuali lu bisa nembak baru deh masih dapet tempat.

nah balik ke jaman basket amerika kalah sama basket eropa itu, pemain basket eropa, walaupun tinggi-tinggi, mereka tetap harus bisa semuanya. gak terpaku pada tugas posisinya doang. itulah yang bikin ngeri.

dulu waktu liat permainannya vlade divac, dia big man tapi mainnya passing. nembak 3. dan justru malah jarang main di dalem, gue lumayan terpukau. artinya, ya lu sebagai pemain basket ya bermain basket. jangan membatasi kemampuan lu. 

dan apa yang dilakukan vlade divac waktu itu, udah lumrah dilakukan pemain basket saat ini. kecuali pemain IBL ya. *nahan ketawa

di salah satu interviewnya javale mcgee, dia bilang waktu ditanya apakah dia menambahkan porsi latihan untuk menembak? dia bisa nembak. dia bisa drible. dia bisa passing. cuma pelatih nyuruh dia main dalem. jadi big man. rebound. ya dia jadinnya fill the role aja. 

waktu arvydas sabonis akhirnya main di nba, gaya mainnya pemain eropa ya kaya tadi gue bilang. pemain tinggi tapi main di luar. nembak 3. passing. saat itu aja semua udah terpukau. tapi coba lu liat highlightsnya dia waktu masih main di eropa sebelum nba, sebelum badannya kaya pas main di portland, sebelum cidera. ngeri. thanks to youtube.

contoh lain toni kukoc. 

seandainya semua pemain eropa itu dikasih tempat di nba di awal tahun 90an, mungkin basket yang kita tonton sekarang udah kita tonton saat itu. 

atau mungkin amerika takut. entahlah. 

luka doncic, di salah satu interviewnya bilang, nyetak skor di nba gampang banget. lebih susah di liga eropa. dan luka doncic ngomong itu waktu umurnya belum 20 tahun. bayangkan!

anyway, kebetulan gue punya kartu basketnya vlade divac.



vlade divac buat gue bagian dari sejarah. selain sejarah gaya main basket sekarang, juga sejarah dari kobe bryant. 

gimana coba kalo dulu kobe jadi di draft celtics? atau ketika kobe setelah di draft hornets gak di tuker sama divac? apa jadinya? yakan.

dan vlade divac adalah seorang hall of fame 2019. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar