Senin, 04 Juli 2011

my bmx

kalo inget postingan pertama gw tentang bmx, pasti inget kalo cinta pertama gw tuh bmx. pertama kali liat bmx on action dengan mata kepala sendiri tuh sekitar tahun 2001 di senayan. waktu itu acara x-games apa gitu. gile keren banget tampilannya. hardcore abis lahhhh!

sampe suatu hari di tahun 2011 ketika gw terbaring tak berdaya karena asam urat, temen gw ngepost foto bmx oldskoolnya di facebook. gw cek fotonya, anjrit! keren banget! bmx, biar kata tahun dulu atau tahun sekarang, selama namanya bmx keren lah! hardcore lah! jadilah gw tanya-tanya sama temen gw itu. dan total dia udah bikin 3 bmx oldskool. kampret! teracuni gw.

tapi waktu itu selain gw lagi asem urat, gada waktu juga buat hunting karena terlalu letih pulang pergi bintaro - pacific place. tapi itu dulu.

hingga suatu hari di bulan juni, ketika gw lagi cuti, gw mampir ke bengkel sepeda kecil deket rumah. tadinya iseng aja mo liat-liat itu bengkel jualan apa. gw nyari rise bar high buat sepeda FG gw. tapi gw malah bayarin barnya sepeda mini. karena konsepnya masuk sama FG gw. nah abis bayarin itu bar, dan mau pulang, mata gw liat di tumpukan sepeda ada bmx oldskool. framenya tulisannya HARO. wah keren nih. ditumpuk, teronggok tak bertuan gitu. iseng deh gw tanya. setelah proses negosiasi, deal lah gw buat bayarin frame+fork+seatpostnya yang jadul. sekalian gw minta repaint sama tukangnya. parts lainnya gw pengen baru aja dan selera gw. tapi ternyata tukangnya lagi gak ada parts bmx. belom belanja alesannya.

pulang dari situ, langsung gw browsing parts-parts bmx. kan banyak tuh yang jualan online. alhasil, gw beli online handle bar sama stem. pas nyari ban, gw nyarinya 20x2.30 itu rata-rata yang jual lumayan harganya. lah gw prinsipnya nih bmx cuma buat jalan-jalan gak buat gw banting-banting. paling kalo rapih kan lumayan buat properti foto sesion, jadi ngapain mahal-mahal. hahahaa....

berhubung cuti masi lama, besoknya mulai lah gw hunting bengkel-bengkel kecil sekitaran bintaro. hunting parts bmx. sukur-sukur dapet yang loakan. kan lumayan murah harganya. ternyata bener aja. gw dapet wheelset depan belakang copotan cuma 85 rb. tapi gw minta ganti jari-jari semua. biar makin asoy. jadi total cuma 100rb. abis itu gw hunting ban. rata-rata yang jual cuma 20x2.125, gak ada yang jual sampe 20x2.30. sampe ke rodalink pun gak ada. aduh nanggung banget! dari pada pulang tangan kosong akhirnya gw beli juga tuh ban 20x2.125 di toko yang jual paling murah. udah gitu, setelah tawar-menawar gratis ban dalem depan belakang. soalnya daripada sayang gak laku-laku kata yang jual. taulah sekarang yang lagi laku keras kan partsnya FG.

total itu ban 2 + 2 ban dalem (gratis) cuma 60rb. sampe rumah gw iseng browsing. mau cek harga sih sebenernya. ehh nemu yang jual 20x2.30 2nd kondisi 90% dijual cuma 50rb. merk kenda, copotan. anjrit! udah gitu yang jual rumah nya deket bintaro pula! kampret dah!

nah kebetulan gw ada parts FG lebih yang bisa gw pake buat bmx ini. seperti headset, freewheel dan adaptor stem, jadi gak usah beli lagi.

besoknya seperti janji tukang bengkel, proses repaint udah kelar. udah kering catnya. dateng lah gw ke bengkel bawa parts-parts lebih tadi + si wheelset dan ban dalem ban luarnya. minta pasang sekalian. biar gak ngongkos lagi. ternyata tukangnya ngasi gw gratis crank dan BBnya. yaudah sekalian deh gw bayarin pedalnya. kelar, gw bawa pulang deh tuh bmx.

sampe rumah permasalah nih bmx, belom ada sadlenya. sama brake set. sama grip,. sama rante. banyak juga! maen lah gw ke forum bmx di kaskus. lumayan dapet pencerahan dan link-link belanja online parts bmx. oiya, pas gw maen-maen ke bmxmuseum.com buat nyari referensi sadle bmx oldskool, rata-rata pake kashimax. mulailah gw hunting. tapi gak dapet kashimax yang gw mau. kashimax aero. di forum bmx, pada nyaranin pake pivotal seat. keren sih, tapi kesan oldskoolnya gak ada lagi.

akhirnya ke pending hampir 2 minggu buat sadle. sampe akhirnya pas abis balik dari bengkel vespa, gw iseng mampir ke bengkel sepeda yang belom gw samperin, tapi sering gw lewatin. akhirnya gw bayarin sadle kecil buat sepeda bocah. tapi buat gw modelnya masuk. trus gripnya gw dapet di kerfor. lumayan keren dan empuk. rante gw beli warna kuning. biar ngejreng. akhirnya gw pasang deh semuanya. sampe akhirnya mau pasang brake lever, karena sempit, bar gw jadi baret gitu. kesel banget! akhirnya setelah hunting, gw order brake lever yang pake baut. jadi pasangnya gak usah pake acara copotin grip! keren!

sambil nunggu orderan brake lever, gw test drive perdana bmx gw. brakeless! seru juga. adrenalin mengucur deras. tapi lagi-lagi kendalanya. gowesnya susah. biar kata udah pake gear ratio yang lumayan enteng 44-18. napas mau putus!

overall, gw senang sekali! ejakulasi batin. biarpun dengkul mo pecah!hahaaa....


setelah brake lever dateng dan brake set terpasang, gw mau proses selametan dan pemberian nama. tunggu update berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar