Senin, 18 Juli 2011

dionysius damas pradiptya a.k.a. parah_abis

Minggu 10 oktober 2010 xPivotx ngadain gathering buat FnF. Gw dateng. Gw ke salemba dulu. Ketemu sodara gw. Mo bareng. dan ternyata sodara gw ngumpulin massa. Buat barengan. Dan sebelum kita berangkat, orang ini dateng dengan sepeda federalnya. Dion. Pas kita kenalan. semenjak saat itu, gw dan dion beberapa kali gowes bareng. Selaen pas cfd, juga pas acara fnf. Beberapa kali kita ngobrol bareng, sharing dan dari komentar-komentarnya di thread ini orang sedikit radikal buat orang kebanyakan. Tapi buat gw itu gak masalah. Malah bisa dibilang gw sama dia sepaham. Apalagi kalo udah bicara sepeda.

Maka dari itu gw tertarik wawancara dia buat blog gw. Ini dia ... Dion a.k.a. parah_abis!

Gw : Kapan tau FG?
Dion : Kira-kira akhir tahun 2009 waktu itu, kalo gak salah. Gw ngeliat sekelebat 'sepeda lucu' yang gak biasa di bubur tanjung, menteng. Gw sampe ngelongok dari mobil keluar jendela untuk ngeliat karena penasaran. Sekitaran februari 2010, gw ngeliat lagi tuh kawanan sepeda lucu nan aneh di bandung, dan sampe situ penasaran gw udah pol-polan banget. Sempet mikir untuk nyamperin dan nanya, tapi gak jadi. Nah pertengahan tahun kalo gak salah, sekitar agustus 2010 gitu, gw ngeliat di bb temen gw ada bentuk 'sepeda lucu' itu, langsung gw tanya,
'ini sepeda apa sih?' Dia jawab 'ini fixie,' gw tanya lagi 'maksudnya? ' Dia malah bilang, 'tau nih sepeda apaan, tapi lucu kan?' Setelah gw tau itu namanya FIXIE, gw langsung googling nonstop, mulai dari forum-forum luar, toko, segala informasi yang mungkin gw harus tau tentang sepeda ini, dari sejak itu gw tau FG dan semua seluk beluknya, what who where when why and how. Dan gw makin seneng banget karena udah ada di KASKUS. Karena akhirnya nemu juga yang ngebahas gini dalam BAHASA INDONESIA. Crot, tau gini dari dulu gw gak usah susah-susah googling. Dari situ mulai cari tau lebih lanjut, ngobrol, bikin dan ngebangun sepedanya, ketemu anak kaskus yang lain, and the rest you know the story.

Gw : Rasanya gowes FG apa?
Dion : Pas sepeda gw jadi pertama kali, waktu itu jam 4 sore di mencos, si didin mekaniknya mencos, bilang ' bos sepeda nya udah nih tes dulu gih'. Gw langsung naek tanpa basa basi dan mulai genjot, tapi gak sampe 10 meteran gw balik lagi dengan keringet dingin dan dengan sok cool bilang ' udah enak nih sepedanya, pinggirin dulu deh, gw nunggu temen gue' padahal gw gak nunggu siapa-siapa. Itu karena adrenaline gw berlebihan dan excited. Dan gw tau ini sepeda bahaya banget, gw takut, seneng, penasaran dan gak sabar jadi satu. Karena pas sepeda gw bener-bener jadi, waktu itu takes 2 weeks untuk ngebangunnya, setelah sebelumnya hunting dulu. At first attempt semua perasaan campur baur, gw tau nih sepeda gak bisa berenti, gw tau ini sepeda seharusnya bakal enak banget, gw tau ini sepeda bisa bahaya, dan gw tau gue UDAH LAMA banget gak sepedaan, dan setelah sekian lama, pertama kali sepedaan langsung ke FG. GILA!

dion skid @ taman menteng

Tapi yang jelas, ni sepeda bukan main, gw bukan noobie yang gak pernah sepedaan dan begitu naek sepeda langsung ke FG, masa kecil gw diisi dengan bersepeda, mulai dari fujiwara gw, sampe si federal mtb dan federal versi balap (yg akhirnya jadi FG). Jadi gw udah ngerasain naek sepeda kemana2 dan terus2an. Gw kagum dengan simplisitas si sepeda ini, bener-bener kagum. Yang jelas ketika gowes FG, gue dapet kejujuran. Sepeda ini jujur banget sama pemiliknya, dia gak akan bohong. Kenapa gitu? Ini sepeda baru akan ngebawa sejauh mana pun selama si pemiliknya mampu, kalo cuma 5 km ya si sepeda dengan jujurnya gak akan maju lagi sesuai dengan kemampuan si pemiliknya. (catatan: dengan kondisi ni sepeda di gowes, bukan di naekin ke mobil, numpang ama ojek, atau cara2 lainya untuk memindahkan sepeda ini) Gara-gara itulah gw sadar, ini sepeda beneran ngikutin apa maunya si pemilik, dia gak banyak protes, tapi dia ngasih syarat, 'gw bisa nemenin lu kemanapun yang lu mau, sampai lu udah gak mampu lagi gowes, dan ketika lu udah gak mampu gowes, yaudah pinggirin gw aja, dan kita istirahat bareng-bareng. Dan naek sepeda FG itu penuh perjuangan, karena buat gw tiap gowesan itu adalah langkah perjuangan mati-matian, apalagi kalo jaraknya udah lebih dari 30 km-an. Dan ketika lu sampe di tujuan, perasaan 'menang' dan bangga yang gw dapet, sebenernya sih gw gak bisa ngegambarin perasaan ini secara deskriptif ya, susah banget digambarin soalnya, karena dengan perjuangan lu sendiri lu berhasil ngalahin diri lu sendiri.

Gw : Kalcer. Komen lu?
Dion : Ada dua sisi, pertama FUCK! Kedua ALHAMDULILLAH.

Alhamdulillah, karena anak-anak itu rela keringetan dan ngebangkitin lagi pasar sepeda di indonesia yang gitu-gitu aja. Meskipun masih terus didominasi brand luar dan sepeda gunung. Meskipun pengguna harian FG ini masih bisa gw itung sedikit ya, dibanding dengan sepeda laen.

FUCK, karena come on deh, masak setelah trend ini udah berusia lumayan lama. Dua tahun sebenernya bisa jadi udah gak disebut tren lagi, seharusnya jadi suatu yg settle, ditemukenali bukan lagi sebagai sebuah fenomena, tapi lebih ke arah kebiasaan, internalisasi nilai-nilai. Kok yang dipikirin masih aja merek yang mahal apa? Yang paling loncer apa? Yang paling banyak dibeli orang apa? Masak gitu terus? Kemakan gengsi. Gw akuin, pertama lihat sepeda ini dan akhirnya yang memutuskan untuk terjun ke dalamnya pasti jelas karena tampilannya. Gw taruhan 100 persen, gak ada orang yang bikin sepeda ini karena tau kalo ini adalah sepeda gir mati, gir paten. Kita semua terpikat dengan tampilannya, lalu kita tau apa ini, lalu kita jadi ngerti kenapa ini begini, dan setelah ngerti kita mulai nerima dan mikirin dengan jelas fungsinya apa sih gue bikin sepeda ini. Akan banyak sekali orang yang bikin bilang gini, 'gw beli merek ini karena emang review nya bagus kok, banyak yang rekomen, dan ketika dipake nanti jadi enak.' 'Ah gw pake yang merek ini aja ah, loncer'. Tapi apakah nantinya setelah beli lu bener-bener tau rasanya, kalo cuma lo pajang dan makenya cuma pas wekeend doang? Lu punya duit okeh, terserah lu, tapi apakah apakah alasan kayak gitu tadi, yang melegitimasi tindakan lu beli parts dengan harga dan fungsi yang gak sebanding bisa diterima akal sehat? Mann...

Dan kenapa begitu, ya karena kalcer. Siapa yang bikin kalcer? siapa lagi? Ya kita para pengguna. Kalcer yang terbangun adalah lu keren kalo sepeda lu minimal pake parts yang ternama, terkenal, banyak yg make, atau yang make adalah distinguished people, kayak artis atau pembalap, bukan karena lu liat fungsinya. Beberapa kawan kita termakan dengan hal kayak gitu sebelum liat fungsinya. Walaupun memang ada beberapa fungsi yang berharga lumayan. Gw gak bisa sangkal, untuk beli fungsi memang terkadang ada price yang harus lu bayar, istilahnya ada harga ada rupa, ono rego ono rupo.

Kalcer ini sebenernya harus jadi hal bagus, kalo kita kembali ke tujuan sepeda itu sendiri. Buat apa sih lu bangun sepeda? Kenapa sih pun kalo lu mau bikin sepeda mesti FG? Kalo pun lu akhirnya bikin FG kenapa FG lu 'yang kayak gitu' sih? Tapi, sampe akhirnya seseorang punya sepeda, udah mulai make, dan mulai gak puas ama sepedanya, dia biasanya lupa buat apa sih dia buat sepeda. Sepeda jadi sarana gengsi semata. Bukan sekedar alat transportasi.

Kalcer FG indo menurut gue tuh masih belum 'dewasa' 'labil' dan 'hipster', bukan karena banyak anak mudanya, tapi pun yang udah berumur seringkali ngalamin 'puber kedua'. Dulu orang gembar-gembor 'FG tu sepeda paling simple sedunia, gak butuh banyak gigi, mungkin juga bisa gak pake rem, gak banyak perawatan, etc etc.' Eh kenyataan nya ini sepeda jadi paling ribet sedunia, karena ribet upgradenya, ribet sama dirinya sendiri karena mengaku 'keracunan' sama beberapa hal, ribet sama ngerawatnya karena harus dilap tiap malem, biar selalu kinclong, etc etc. Tapi kadang malah lupa sama maintainance performa sepedanya dan juga dirinya sendiri, upgrade betis dan paha, jantung dan paru-paru.

Gw akuin ini sangat subjektif gw, so kalo ada yang gak sepaham ama gw, bring it on. Jadi apapun itu pilihan lo untuk membuat sepeda, itu prerogatif lu semua untuk bikin dan menikmati hasil jerih payah lu.

Yang penting:
'Mengerti Tujuannya, Tahu Resikonya, Paham Akibatnya'



Gw : Komen lu tentang fnf?
Dion : Gw harus komen apa soal FNF?? Gw masih ngerasa bagian dari fnf kok. Gw asalnya dari situ, gw gak bakal cabut, toh gw udah jadi keluarga situ. Cuma ya itu aja, semua orang, as in semua , orang bisa disitu, siapapun bisa masuk baca komen cabut udahan, di kaskus ya. Coba bandingin ama KOSKAS JAKTIM misalnya, ada sistem registrasi, atau kayak R2 yang jelas ada organisasi, di kaskus juga. Sebatas hal-hal kayak gitu yang lumayan bisa jadi potensi problem di fnf ketika lu gak tau siapa fnf itu sebenernya. Selama masih pake ego personal dan gak ada kedewasaan dalam etika berkomunitas, gw bilang etika berkomunitas karena gw yakin lu juga sepakat sama gw, fnf itu komunitas, bukan genk anak nongkrong sepulang sekolah doang yang kebetulan punya waktu banyak untuk ngobrol. Dan oleh karena itu, perasaan 'milik bersama', self belonging atau apalah itu, masih kurang banget di sini. Beberapa dengan seriusnya pengen ngajak 'keluarga' baru ini untuk saling kenal, tapi ada juga yang bilang mau ngapain sih lu sok bikin formal-formalan, toh masih pada sering nongkrong pas cfd kan? Sori, kalo untuk yang kayak gitu, gw sebenernya gak bisa terima kalo cuma masih mau nongkrong, sayang banget lah, masa cuma buat nongkrong doang? Liat senior kita yang udah menggowes jauh kemana-mana di usia yang gak lagi muda, lah kita yang punya kesempatan kemampuan untuk itu, malah gak punya kemauan. Ego personal tiap orangnya masih gede banget, termasuk gw juga, hahaha. Yang memilih untuk gowes jarak jauh, sedangkan temen-temen laennnya masih ada yang belum berani untuk ngelakuin kayak gitu.

Gw : Harapan yang belum tercapai di FG?
Dion : Pertanyaan yang ini ambigu nih. Kalo secara pribadi, gw belum punya sepeda yang partsnya spesial semua, yang semua fungsinya jalan sebagaimana mestinya dan bisa gw pake sehari-hari. Spesial bukan berarti harus bermerek, spesial berarti fungsinya okeh, jalan dengan lancar jaya, bisa dikendarain tiap hari minimal tanpa hambatan. Masalahnya sepeda gw aja bbnya aja ulirnya abis dan gw pake parts bekas semua. Gw masih setia sama dompet untuk nyesuain kemampuan dengan sepeda yang gw punya, toh bisa dipake gowes juga kan, bahkan kemana-mana masih bisa gw pake. Toh gw masih make fungsi sepeda sebagai alat sesuai kemampuan badan dan dompet, bukan make merek yang gak sesuai dengan kondisi dompet dan kebutuhan badan.

Kalo buat komunitas, gw masih belom kepikiran apa-apa. Kemaren gw udah ngasi ide yang lumayan banyak yang udah gw ceritain ke ian, mas suko, dan bom-bom, tapi ya mungkin udah lupa. Dan gue lagi sering lone rider.

Kalo untuk kalcer, ini gw nyerah banget deh. Nunggu pada bosen sama kalcer yang ini terus harga pada turun deh. Walopun kayaknya kans ke situ juga kecil, karena buktinya masih banyak yang senang dan antusias sama FG sebagai racun 'baru' yang seksi. 'Baru' itu sangat konotatif, karena 2 tahun bukan ukuran baru.

Semoga refleksi gw yang amburadul dan ngalor ngidul ini bisa bermanfaat buat yang gak baca. Loh!


2 komentar:

  1. aje gila.. ini toh yg gw kaga boleh liat pas orangnya bikin di sebelah gw.. hehe.. naiss artikel..

    BalasHapus
  2. Gan sepeda fixienya ane ngiler hahahaha

    BalasHapus