Minggu, 16 Januari 2022

ayam

akhir tahun lalu gue sempet submit sebuah tulisan mengenai apa pandangan gue tentang ayam. dan sebenernya gue juga gak tau jadi dipublish apa enggak tulisan gue itu. 

anyway, gue publish di sini aja. ini dia : 

----------------------------------------------------------------------

ayam.

apakah arti ayam buat gue? makanan.

sebagai orang yang lahir di tahun 80an dan tinggal di medan, ayam yang gue kenal cuma ayam goreng yang dimasak sama mamak gue. 

selain itu? 

pas udah agak gedean dikit, ketika udah diajak makan di luar sama mamak, ada ayam model lain rupanya. yaitu ayam yang gue temui di nasi padang. selain ayam goreng, yang modelnya pun beda dengan yang mamak gue masak, ada ayam gule dan ayam bakar.

dulu ayam gule jadi kesukaan gue. karena selain dapet ayam, dapet kuahnya juga. jadi nasinya gak polosan.

pindah ke jakarta akhir 80an, gue kenal ayam jenis baru. ayam goreng krispi punyanya kolonel itu.

dan jadi favorit gue. karena lebih besar.

oiya, untuk pemilihan menu ayam ini, gue sukanya dada. karena lebih besar. jadi dapetnya lebih banyak. dimana dikemudian hari pun gue tau dada ayam lebih sehat karena lemaknya lebih sedikit atau bahkan gak ada.

ayam yang masih bisa gue terima adalah bagian sayap. sementara paha? kalo bisa jangan deh. soalnya selain bentuknya yang gak menarik buat gue, dapet dagingnya juga sedikit.

tapi semua itu berubah seiring pertambahan usia gue.

karena pernah susah, pernah seminggu cuma bisa minum aer doang, pernah gak makan, pernah berada di posisi ayam adalah makanan mewah, jadi kalo pun ketika ketemu menu ayam, kalopun gak ada dada, yaudah apa pun itu sikat lah. tapi sekali lagi, paha jadi pilihan terakhir.

awal tahun 2000an ketika di rumah jadi pelihara kucing, tulang ayam jadi jatah kucing. pun ketika gue berpergian. kalo gue makan ayam, tulangnya gue bawa pulang. buat oleh-oleh kucing di rumah. bahkan ketika berada di sebuah pesta, dari rumah gue udah siapin tempat buat ngumpulin tulang ayam. buat oleh-oleh yakan.

nah kalo dapet sayap, enaknya tulangnya banyak. jadi bawa oleh-olehnya juga banyakan. win-win solution jadinya. gue dapet dagingnya. kucing di rumah dapet tulangnya.

tapi era dimana gue pengen jadi atlit, gue sempet juga jadi vegan. jadi ayam gak gue makan. 

kalo pun ketemu menu ayam, selama gak bayar, gue bawa pulang. buat oleh-oleh kucing di rumah. sementara kalo makan yang bayar, gue hindari pesan ayam.

waktu kerja masih ada ketring kantor, gue udah pesen ke rekan-rekan kerja, kalo ketringnya ayam, pas abis mereka makan, tulangnya jangan dibuang. buat gue bawa pulang. oleh-oleh yakan.

seiring perkembangan jaman juga, menu menu ayam jadi makin beragam.

dulu cuma ada satu soto ayam yang menyediakan ceker ayam.

dimana gue gak tertarik. lebih ke jijik. soalnya gue pikir kan ceker ayam buat ngorek-ngorek tanah.

tapi, ternyata pesen soto ayam itu, baik pakai ceker atau tidak, harganya sama. jadi daripada rugi, gue pesennya pake ceker. tapi gak gue makan. gue bawa pulang. sekali lagi buat oleh-oleh yakan.

dari jakarta, gue geser ke tangerang selatan. karena pindah rumah.

jadi pencarian makan gue udah gak di tempat biasa.

disinilah, gue menemukan menu baru. yaitu leher dan kepala ayam.

WTF!

sambil pesen menu yang normal buat gue, bertanyalah gue dalam hati, siapalah yang mesen itu ya?

tapi rupanya, disaat gue menyendok lauk yang gue pesan itu masuk ke dalam mulut gue, orang-orang yang datang, banyak juga yang memesan menu leher dan kepala ayam. 

sekali lagi, WTF!

sambil menghabiskan makanan yang gue pesan itu, berkatalah gue dalam hati, ayam udah kaya kelapa.

kelapa jadi lambang pramuka karena semua elemen di kelapa kepake di dalam kehidupan manusia.

ayam juga kan.

telurnya.

dagingnya. kakinya. lehernya. kepalanya. bahkan ipar gue doyan makan jengger ayam. enak katanya. kenyel-kenyel. WTF!

bulunya.

tainya? bisa kayanya buat pupuk. kali.

kalo geser sedikit pembahasannya, bahkan waktu smp, temen gue cerita pas liburan sekolah dia pulang kampung, sodara sepupunya ngajakin ngewe ayam! iya bener. jadi ayam diewe. kata sepupunya temen gue itu rasanya lebih enak dari coli. sakit!

dulu gue kira temen gue pas cerita cuma ngarang-ngarang aja.

tapi ketika era internet udah di genggaman tangan, pernah gue liat di twitter, orang ngewe ayam. sakit!

sodara gue juga ada yang pelihara ayam. katanya buat weker. jadi dia bangun pagi karena denger ayamnya udah berkokok.

tapi suatu hari dia udahan pelihara ayam, karena ayamnya berkokok jam tiga pagi. dan dia pas bangun sadar, kalo itu belum pagi-pagi banget.

akhirnya ayamnya disembelih. dijadiin lauk.

mantan pacar gue juga pernah cerita, waktu kecil pelihara ayam. karena dia yang kasih makan, jadinya dia sayang banget sama ayamnya. 

suatu hari pas dia sekolah ayamnya mati. dimasak lah sama mamaknya.

pas pulang sekolah, makan siang, makan ayam dengan riang gembira.

selesai makan dikasi tau sama mamaknya kalo ayam yang dia makan itu ayam peliharannya. 

nangis lah dia. dan ngambek seminggu gak mau ngomong sama mamaknya.

kalo gue sih sama ayam hidup gak berani. artinya gak pernah gue kalo lagi jalan di gang ada ayam lewat, gue berenti dan gue elus-elus. gak berani gue. gak kaya kalo gue ketemu kucing.

jadi seumur idup gak pernah gue megang ayam hidup.

yang serem sih, ada masanya tiap gue kerja malam, setiap pulang mau buka pager masukin motor, terdengar suara ayam berkokok. padahal masih dinihari.

kalo kata kawan gue itu suara hantu. entahlah.

nah, jadi fungsi ayam selain yang udah gue sebutin di atas, nambah lagi. 

jadi weker.

jadi hantu.

apa lagi?

kayanya udah saatnya lambang pramuka diganti deh. dari kelapa jadi ayam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar