Selasa, 03 September 2019

masak pizza

sekitar 2 tahun lalu youtube-an tentang pizza. sampe akhirnya ketemu pizza ala chicago. deep dish style. jadi tebel gitu. gak tipis.

tertarik gue.

pas cari resep bikin adonan pizza, aduh ribet banget. liat videonya juga pake mesin. 

mana ada bahannya ragi. dan gue blon familiar sama ragi.

pas belanja bulanan, di bagian makanan beku, ada adonan pizza frozen. tinggal kasih topping, terus panggang. 

karena penasaran, gue beli dan gue bikin.

too bad, oven emak gue udah katro. alhasil gagal. 

ada yang gosong bawahnya gara-gara kelamaan. ada yang masih mentah toppingnya gara-gara kecepetan.

tapi karena ogah rugi tetep gue makan.

bulan lalu di twitter nemu resep masak pizza pake teflon. dan nemu di youtube masak pizza pake rice cooker.

liat bahannya juga gak banyak. dan yang penting pas liat cara bikinnya gampang banget.

maka misi gue adalah mencari ragi. 

ketemu.

gue beli yang murah. bukan merk yang dipake di resep itu. 

tapi murah juga made in belgia. yaudah sikat.

untuk toppingnya gue baru ada saos tomat dan keju.

tapi malam itu gue penasaran. kayanya gampang nih bikinnya. 

alhasil jam 3 pagi gue ngeracik. ditambah laper pula.

pas lagi ngadonin, kok hasilnya beda sama yang gue liat. 

gue pikir pake logika, kayanya kurang aer. maka gue tambahin aernya. 

kebanyakan.

tambahin tepungnya.

tambahin minyaknya.

kayanya raginya kurang. tambahin ragi.

jadi!

tapi jadi gede. itu belum ragi ngembang.

setelah kurang lebih 60 menit, gue ceki, makin gede!

secara resep itu adonan cuma buat 1 pizza. 

karena adonan gue gede, jadilah buat 4 pizza.

pas masak nih, pekara juga.

di resep yang pake teflon, dimasak di api kecil selama 15 menit. 

gue ikutin. baunya sih udah enak.

taunya gosong. pait banget. untung ketolong sama rasa keju.

adonan kedua. masih gosong.

permasalahannya, kompor baru emak gue ini api kecilnya tetep gede. 

adonan ketiga. gue masak selama 2 menit. hasilnya adalah, adonannya bagus. tapi toppingnya gak ngeblend. kejunya juga belum meleleh. yaudah sikat aja.

adonan keempat, gue ikutin cara adonan ketiga hasinya.

lucunya adalah, pas pup, tai gue item. kayanya gosongan pizza deh tuh. 

sori gak ada gambarnya. gelap mau foto-foto. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar