Senin, 15 Juli 2019

pendidikan jaman orba

gue abis baca tentang pendidikan jaman orba. dan gue termasuk di dalamnya. karena sampe lulus sma gue masih jaman orba. pas kelar sekolah baru jaman reformasi.

nah dulu pas gue lulus smp dengan nem yang seadanya itu, emak gue pengen banget gue masuk sma negeri. dengan asumsi lebih gampang keterima di universitas negeri nantinya.

tapi waktu itu gue sama sekali gak mikirin sekolah. gue lebih asik main basket. 

akhirnya emak gue karena lulusan sma negeri 6, doi nyamperin sekolahan itu dengan maksud nyari guru-guru yang dia kenal dan coba bermain. 

kebetulan gurunya dia dulu udah jadi kepala sekolah. dan akhirnya gue masuk ke cadangan yang diterima. 

sampai batas waktu yang ditentukan akhirnya dari cadangan itu cuma beberapa yang keterima karena yang udah pasti keterima ada yang membatalkan masuk ke situ. 

nah dari cadangan yang gak keterima itu, pihak sekolahan meminta sejumlah uang agar bisa diterima. tapi emak gue menolak.

alhasil dia nyari tau lagi siapa guru-guru jaman dia sekolah yang udah jadi kepala sekolah. 

salah satunya jadi kepala sekolah di sma negeri 24. waktu kita ke sana, kepala sekolah itu menyambut dengan tangan terbuka. dan gue belum tau masalah biaya atau admistrasi gimana. tapi gue langsung menolak ketika melihat lapangan basketnya yang tidak layak. 

nah kelar dari situ, emak gue akhirnya nyerah untuk memasukkan gue ke sma negeri. 

pilihan terakhir swasta. tapi gue gak mau bahas itu. 

intinya adalah, waktu itu sepertinya kepala sekolah seperti jadi raja kecil. dengan sistem suap menyuap agar murid bisa diterima. betapa bisa dapet duit diluar gajinya.

oiya satu lagi sebenernya kekuatan gue saat itu adalah om gue yang kerja di depdikbud. kalo aja waktu itu emak gue ke sana dan minta gue diterima di sma negeri yang gue inginkan sebenernya bisa. tapi karena kurang akrab akhirnya itu gak kejadian.

kenapa gue bisa yakin dengan kekuatan om gue itu? ada dua hal.

pertama, sepupu gue yang nilainya ancur-ancuran bisa diterima di sma negeri 3 tanpa biaya sogokan. sepupu gue mau masuk sma negeri 3 karena teman-temannya pada masuk situ. 

kedua, ketika adek gue lulus smp, akhirnya bokap gue yang jalan nemuin om gue yang di depdikbud itu. minta supaya adek gue masuk ke sma negeri 86. kenapa adek gue mau masuk sma negeri 86? karena deket rumah. nah waktu itu sma negeri 86 bukan rayonnya smp adek gue. 

see.. betapa pendidikan jaman orba bisa dikuasai asal ada power. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar