Jumat, 19 Agustus 2016

liburan ke semarang

liburan kali ini kita pergi ke semarang. kenapa semarang? ya gak tau. abisnya gak tau mau kemana. ke daerah jawa barat kedeketan. ke daerah jawa timur ke jauhan. tadinya mau ke solo. tapi setelah googling solo mirip jogja. gak jadi deh. nah karena kita jauh-jauh hari udah dapet cuti, jadilah jauh-jauh hari udah beli tiket kereta. lumayan jadinya murah.

kereta berangkat dari senen jam 2 siang. jam 12 siang gue ude standby. sekalian nuker tiket. hari ini gerah banget. padahal matahari sih gak terlalu menyengat. kemarenan seharian ujan gak bikin stasiun senen jadi adem.






akhirnya kita berangkat. naek kereta kertajaya. sial ac di gerbong kita gak terlalu dingin. malah beberapa saat gada rasanya. jadi deh gue ngipas-ngipas biar ademan. padahal udah lepek.

perkiraan sampe semarang jam 9 malem kurang taunya gagal total. sampe semarang malah jam 9 lewat.




abis pipis, gue menghubungi nomer yang gue dapet di google buat rental motor. dari 4 nomer gak ada semua. kosong. gile juga. alhasil kita jalan kaki ke daerah yang rame.

dari sekitar 10 menit jalan kaki, gue baru sadar, semarang jam 9an malem udah sepi. gak kaya jogja. heran gue.

sampe akhirnya nemu angkringan. si anna ngajakin mampir. awalnya gue pesen kopi. pengen banget minum panas. dari pagi belum ngopi soalnya. eh si anna pesen nasi ayam rica. menggiurkan. akhirnya gue ikutan. total kita bedua makan 3 bungkus nasi ayam rica, 3 tusuk sate tutut, 4 bungkus emping, 2 gorengan, 2 bungkus makaroni, kopi panas sama nutrisari dingin total 25 ribu.

nasi ayam rica di angkringan

abis itu kita lanjut jalan. kalo liat di peta si cuma lurus doang sampe ke hotel. tadinya mau naek angkot aja biar hemat, cuma kata orang-orang udah gak ada angkot. gile juga.

eh pas di lampu merah ada angkot. ada isinya. gue tanya, lewat paragon gak? lewat. yaudah kita naek. kita turun di lampu merah. gak jauh rupanya. cuma masa bayar angkot 10 ribu bedua. gue rasa kita ditipu. shit.

belok dikit, jalan dikit, sampe deh. abis chek in naek lift, sampe deh di kamar. kita di lantai 7. sampe langsung mandi gue. ude gak tahan. gerah banget.


suasana kamar gue

akhirnya gue tidur subuh. googling sama baca peta. buat tau kira-kira musti ke arah mana gue besok.

 pemandangan dari jendela kamar gue pas malem

 pemandangan dari jendela kamar gue pas subuh




pemandangan dari jendela kamar gue dan jendela di lantai 7

selasa pagi, bangun jam 8an pas weker bunyi, gue cek hape ada secercah harapan. sewa motor ada tapi buat selasa doang. yaudah gue oke-in. jam 10 pagi dianter ke hotel. abis itu gue mandi. trus gue ke bawah aja cari warkop sembari nunggu si anna kelar mandi dan motor sewaan dateng.

selamat pagi semarang!

 hotel tempat gue nginep


kopi abis, pas banget di sms sama rental motor, udah sampe katanya. kelar transaksi kita cabut. tujuan pertama mau sarapan dulu. kita mau sarapan tahu gimbal. di depan taman KB seberang SMA 1 semarang. ternyata kaya food court depan taman. tapi yang jualan dia doang. yang lain tutup. yaudah kita pesen, tahu gimbal sama es teler.



 tahu gimbal ternyata isinya lontong pake tahu, udang potongan sayur kol pake seledri, telor ceplok disiram bumbu kacang pake sambel petis. kerennya krupuknya, krupuk udang gede yang digoreng dulu. mantep rasanya. untung gak dikasih bihun sama timun. kalo gak jadi ketoprak.


es telernya pake duren ternyata. seger sih di siang yang terik gini. cuma alpukat dan dan kelapanya dikit banget.


yang mengejutkan adalah harganya. sepiring tahu gimbal harganya 15 ribu. dan es teler harganya 20 ribu. udah kaya di jakarta.

next, kita mau ke lawang sewu. ternyata gak jauh dari taman KB. sampe sana bayar masuknya 10 ribu.



padahal dulu gue denger lawang sewu angker. tapi kaya kantor belanda gini penampilannya. gak ada seremnya. ternyata hari selasa rame juga. banyak bule yang dateng.














udah puas foto-foto dan liat-liat kita cabut. tujuan selanjutnya klenteng sam po kong. ke parkiran, kita iseng foto-foto lagi.






sampe klenteng sam po kong, kita foto-foto. panasnya naujubilah minjalik. kita foto-foto dulu. 















selesai foto-foto, kita lagi duduk istirahat, si anna ngeliat poster bisa foto sewa kostum cina gitu. bayar. gue diajakin males. jadi si anna aja foto ala cina pake kostum.




selesai foto, kita duduk lagi sambil memikiran mau kemana selanjutnya. asli semua cairan tubuh udah keserep udara panas. semarang panas banget.

akhirnya kita memutuskan mau nyemil sore. sruput soto. soto bangkong. liat di peta sih deket. cuma karena salah jalan gara-gara salah baca peta jadi lumayan jauh muternya. soalnya satu arah.

sampe soto bangkong, akhirnya ketemu juga, langsung pesen. soto. pake sate kerang. minumnya es teh manis. mantap.





abis itu kita mau cari cuci mulut. mau nyobain es conglik.

sampe lokasi, tenda jualannya es conglik udah berdiri megah. tapi gada isinya. gak ada gerobak jualan. dan gak ada yang jualan. skip jadinya.

oiya, karena di simpang lima mau ada upacara kemerdekaan 17 agustus, di beberapa tempat udah ditutup jalannya. jadi dialihkan gitu. alhasil gue jadi sembarang aja jalannya. kemana motor membawa aja. ternyata tau-tau udah di sekitaran pasar johar namanya. jadi gue cari jalan ke arah yang jual nasi goreng gongso karmin. emang sih masih kenyang abis makan soto kan. jadi taktiknya beli di bungkus aja.


sampe di lokasi, pesen nasi goreng gongso. telor dadar. mantap. 


selesai dibungkusin lanjut perjalanan ke arah gang lombok. mau beli lumpia. dibungkus juga rencananya.

sebenernya banyak yang jual lumpia, tapi dapet info kalo mau lumpia harus yang gang lombok biar sah lu makan lumpia semarangnya. oke lah. ternyata gang lombok daerah pecinan. banyak yang jual makanan. menggoda semua. tapi tetep targetnya lumpia. 


sampe di tkp, udah tutup tokonya. ada tulisannya sih cuma sampe jam 5 sore. kalo udah abis bisa lebih cepet lagi tutupnya. gagal kita makan lumpia. 


alhasil karena gak tau lagi mau kemana, balik ke hotel deh. sampe hotel gue keluar lagi. mau ngopi. pas lagi ngopi ternyata sebelahnya ada bakmi jowo. penasaran gue. pesen lah. pedes abis. dan rasanya emang mantap pedesnya. cuma mienya lurus dan kecil. campur bihun lagi.


selesai makan gue selaen kenyang juga kembung sebenernya. gara-gara kepedesan itu. akhirnya gue balik ke hotel. terus mandi biar seger.

rebah-rebah nonton tv, inget masih ada nasi goreng gongso, yaudah penutupan, sikat deh bedua. kenyang. nonton tv sampe ketiduran.

perut kebanyakan makan

besok paginya, bangun pagi terus jalan kaki ke simpang lima mau ikutan upacara. tapi ternyata ditutup. yang boleh masuk undangan.

selamat hari kemerdekaan!

akhirnya gue balik ke hotel. deket hotel ada warteg. gue mampir, ngopi dulu. selesai ngopi baru balik ke hotel. sambil nunggu siangan gue nonton tv aja.

siangan kita gak tau mau kemana lagi. akhirnya mau ngemol aja. ke paragon mol. deket juga dari hotel.

paragon mol saat malam

jalan kaki ke mol, mampir dulu ke warteg yang tadi. makan siang. gue makan nasi rames, si anna makan indomie.


kelar makan baru deh kita ngemol. ternyata molnya gitu aja. gak gede. rame orang ke mol mau manfaatin diskonan 17an. muter-muter gak tau mau kemana, akhirnya sampe kita di XXI. iseng ceki filmnya ada film nice guys. yaudah isengan nonton deh.

nonton nice guys di XXI paragon mol

kelar nonton, kita mutusin mau cari oleh-oleh di toko oleh-oleh. kita jalan kaki aja. kebetulan cuacanya adem. anginnya juga dingin. kita foto-foto dulu di depan balaikota.




sampe di daerah pandanaran banyak toko oleh-oleh. gue sih setelah ceki, gak ada yang tertarik. alhasil gue skip. si anna lumayan banyak ngeborong.

pas mau jalan pulang, ujan deres. kita neduh dulu. di depan toko oleh-oleh banyak tukang jajanan. yaudah iseng beli. buat cemilan nunggu ujan. kita cobain baso tahu.


ujan kelar, kita jalan kaki pulang ke hotel. di jalan kita jajan makan malam dulu. tapi dibungkus buat makan di hotel. si anna beli nasi goreng babat, gue beli mie nyemek.

bulan purnama di semarang

sampe hotel kita makan malem dulu. trus mandi. abis itu packing buat pulang besok.

mie nyemek

nunggu-nunggu tidur kita nonton final badminton dulu di tv. ganda campuran indonesia akhirnya dapet emas. mantap!


paginya bangun karena mules. asli perut gue melilit. pas udahan pup terasa panas pantat gue. gara-gara kepedesan makan mie nyemek kali ya. total 3x gue pup.

akhirnya biar segeran gue mandi aja. trus packing. kelar packing ke warteg yang kemaren. tadinya mau sarapan mie goreng, tapi karena wartegnya masih masak gak bisa pesen mie goreng. kompornya dipake. jadinya gue pesen teh manis panas, si anna pesen es teh manis.

teh abis, kita balik ke hotel. check out. sekalian gue order go-car. cepet ternyata go-carnya. ke stasiun juga cepet. cuma 15 menit.

kelar print tiket kita duduk-duduk aja nunggu kereta dateng. tidak.lupa foto. kita naek kereta jam 11:30 ke jatinegara.







kereta dateng, kita naek, gue langsung tidur aja. ngantuk banget. kebangun-kebangun sekitar jam 2an lewat. gak tau tuh di daerah mana. gantian si anna yang tidur. gue iseng aja foto-foto. trus di kereta ada tv-nya. kebetulan baru mulai film. judulnya vertical limit. yaudah nonton aja dulu. yang pasti pengen banget ngopi. cuma mau ke gerbong kantinnya males. jauh ke belakang.






akhirnya sekitar jam 5 kurang kita sampe juga di jatinegara. dan kerennya pas banget sampe pas banget filmnya abis.



turun kereta kita pipis dulu. terus ke luar stasiun cari jajanan. tadinya mau mie ayam. tapi gak ketemu. alhasil jadinya jajan ketoprak. enak juga ketopraknya. mantap.


kelar makan, masuk lagi kita ke stasiun. mau pulang naek krl. ke tanah abang dulu. gue transit. naik ke pondok ranji. si anna lanjut ke depok.




sampe tanah abang, gue lumayan lama transitnya. tapi perjalanan ke pondok ranjinya sih cepet.

bulan purnama di tanah abang

alhamdulillah sampe rumah juga. terima kasih ya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar