Jumat, 07 Desember 2018

tamiya mini 4wd (part 1)

semuanya berawal ketika gue berulang tahun ke 10. waktu itu gue dapet kado dari om gue sebuah tamiya. dimana gue yang waktu itu lagi asik main sega dihadiahkan sebuah mobil-mobilan rakitan. 

sodara gue, anaknya om gue itu bantuin gue rakitin. tamiya pertama gue adalah dash 1 emperor. 


karena supaya bisa jalan harus pake batere, maka saat itu juga setelah kelar dirakit gue ke warung buat beli batere. dan setelah batere dipasang, maka bisa jalanlah tamiya gue itu. berjalan liar. gue maeninnya di ruang makan. nabrak kanan kiri. entah apa kepuasannya. 

setelah cukup puas maeninnya, gue pegang, betere dan dinamonya panas. maka tanpa pikir panjang gue masukin tamiya gue itu ke freezer. biar dingin pikir gue saat itu.

beberapa minggu kemudian, ketika lagi ke toko mainan, gue liatlah banyak ternyata macamnnya tamiya mini 4wd itu. dan setelah gue merengek minta beliin, maka tamiya kedua gue adalah dash 5. dancing doll. 


alesan gue beli ini simple, jadi dash itu ada 5. gue udah punya nomer 1. sodara gue yang laennya punya nomer 4. dan saat itu di toko maenan adanya nomer 5. maka gue belilah yang nomer 5. 

beberapa bulan kemudian, gue diajak om-om gue dan sodara-sodara gue buat ikutan lomba tamiya. waktu itu lombanya di golden truly fatmawati. 

saat itu mobil gue udah modifan. karena diajarin sama om-om gue itu. jadi udah pake roller aftermarket, pake antena, pake akar. ganti ban busa. dan dinamonya juga udah hiper dash. dulu blon ada pake dinamo kilikan. trus kalo lomba karena waktu itu disponsorin sama batere panasonic, jadi harus pake batere itu. gak boleh pake batere charge. 

waktu itu tantangan track tersulitnya adalah jumping. dulu belum pada kepikiran pake pemberat dan rem. kalo gak salah dulu kita (gue dan sodara-sodara gue yang total berjumlah 5 orang) cuma dibeliin 1 nomer doang. jadi kita cuma sekali tanding. dan 4 orang sodara gue gak ada yang lolos kebabak kedua karena pas jumping pada mental mobilnya. 

nah pas giliran gue turun, gue kepikiran, karena pas latihan mobil gue juga mental, gue tuker batere pake batere bekas. bukan pake batere baru. biar pelan dan pas jumping gak mental. 

taktik gue berhasil dua lawan gue mental. tamiya gue berjalan pelan tapi gak ada lawan. gue berhasil finish. dan lanjut ke babak kedua. 

semua sodara gue dan om gue pada nanya, kok bisa jumping gak mental? gue jawab, pake batere bekas. mantap!

tapi karena di babak kedua batere bekas itu udah gak mumpuni, terpaksalah gue turun pake batere baru, dan pas jumping mental. gagal lanjut ke babak selanjutnya.

nah waktu itu karena kita semua udah gak lolos, tapi kita gak langsung pulang. kita masih nonton yang pada lolos. kok mereka yang lolos pada bisa pas jumping gak mental. ternyata pake rem dan pemberat di akarnya. akhirnya hari itu ilmu kita semua nambah.

setelah pengalaman lomba pertama kali kita itu, setiap hari adalah tamiya. gue dan sodara-sodara gue sama om gue bahas tamiya mulu. gimana caranya biar bisa kenceng tapi stabil. 

dan kita semua jadi satu team. artinya kalo latihan atau lomba kita satu tim. gak sendiri-sendiri lagi. om-om gue bagian yang seting, gue dan sodara-sodara gue bagian yang turun. 

dulu kita latihan di golden truly fatmawati atau ke opi kids di daerah pasar baru. selaen latihan atau tes setingan mobil baru, kita juga ketemu orang-orang laen atau tim laen buat share ilmu kita juga. 

waktu itu itungannya udah masuk kelas FFA. atau free for all. alias mobil lu boleh dimodif tanpa batas. dinamo dikilik. pake bahan apa aja biar mobil lu stabil, kenceng dan kuat. 

kita ikut lomba keliling jakarta. dulu lomba tiap hari minggu. dimana setiap lomba jadi kaya acara keluarga juga. karena tante-tante gue ikut. emak bapak gue dan adek-adek gue juga ikut. 

sampe akhirnya kita diajak gabung sama golden truly. mereka mau bikin golden truly racing team. nah di sini isinya dari berbagai macam team. jadi rame sebenernya. kaya komunitas. tapi kalo pas lomba kita tetep bawa nama tim sendiri-sendiri. 

nah pas golden truly bikin lomba keuntungan kita adalah kita yang layout track dan bisa cobain sebelum lomba dimulai. jadi kita bisa curi seting duluan.

dulu acara lomba tamiya disponsorin sama dua batere. kalo gak alkaline ya panasonic. nah sebenernya panasonic yang mulai duluan. alkaline batere baru. 

puncaknya pas golden truly racing team diundang ke pabrik alkaline di daerah daan mogot. waktu itu kita pulang sekolah ke sana. siang. belum ganti seragam malah. 

ternyata sampe sana mereka mau bikin lomba tapi pake track 5 jalur. kita dimintai pendapat.

karena beberapa dari kita ada yang bawa tamiyanya, yaudah langsung tes track.

kalo track tamiya normal kan 3 jalur. jadi setiap mobil musti 3 lap dulu baru bisa dinyatakan finish. kalo track 5 jalur maka setiap mobil harus 5 lap dulu. dimana selaen ngabisin batere, kita juga pusing, ini udah berapa lap buat dinyatakan udah finish. udah gitu sekali jalan kan juga langsung 5 mobil. 

gak lama dari situ, akhirnnya bikin lomba di plaza indonesia. sponsornya alkaline. dengan track 5 jalur. kita waktu itu malem-malem ke sana. sekitar jam 12 malem sampe di tkp. buat pasang track. dan lombanya besoknya. tapi kita gak jadi panitia. cuma kebagian pasang track aja. dan kita yang nentuin layoutnya. 

nah pas lomba, yang ditakutin kejadian juga. panitianya belum siap kayanya untuk track 5 jalur. karena mereka bingung pas nentuin siapa yang finish. alhasil banyak yang komplain. dan pada gak puas. 

abis itu lomba tamiya selanjutnya cuma 3 track aja. 

btw, selama ikut lomba tamiya gue pribadi belum pernah juara. artinya juara pake mobil gue. keseringan juara secara tim. baik itu tim yang barengan sama sodara-sodara gue atau tim yang golden truly racing team. 

dulu gue sampe gak ikut pas liburan sekolah ke bali sama emak bapak gue. karena lebih milih ikut lomba tamiya tiap minggunya. 

dan seinget gue juga tim kita gak pernah sampe lomba ke luar kota. 

tapi hadiah paling bergengsi yang berhasil kita raih waktu itu pas ikut lomba di daerah radio dalem. di dealer mobil. hadiahnya mobil. golden truly racing team juara. hadiahnya dijual trus duitnya dibagi. 

sekian dulu cerita gue tentang tamiya dan lombanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar