Jumat, 04 Agustus 2017

crumble shoes

apakah crumble shoes itu? lihat gambar di bawah ini, mungkin sedikit banyak dapat menjelaskan : 


gue udah berada di scene shoes game ini sejak awal tahun 90an. oke mungkin gue gak punya semua sepatu yang rilis. mungkin gue gak koleksi, atau bahkan sekedar nyobain, tapi gue memantau. 

semua sepertinya berawal dari sepatu basket. 

jaman smp sma adalah hal yang lumrah ketika semua orang di sekolah lu punya sepatu yang beda. kenapa? karena masa itu adalah masa dimana kita maunya beda. gak mau sama kaya orang lain. jadi di saat itu gue mulai memantau sepatu-sepatu yang beredar. ketika ada yang gue minati, gue ke toko sepatu, gue pandangi dan gue amati. modelnya. bahannya. teksturnya. tapi gue gak nyobain. karena nyobain berarti mau beli. sementara gue gak mampu beli.

sampe ke jaman kuliah juga gitu. gue memandangi semua yang ada di kampus dari sepatunya. bahkan gue mengenali orang atau mengidentifikasi orang dari sepatunya.

berada di lapangan basket sejak 1992, hal serupa juga gue terapkan. 

anyway, gue punya converse LJ. beli tahun 1994. sebuah hal yang gue sesali. kenapa saat itu gue gak beli jordan IX. tapi lebih milih beli converse LJ, hanya karena di sekolah udah ada yang pake. see.. how stupid i am just because wanna be different.

tenyata converse LJ itu buat gue enak dipake tapi gak enak buat maen basket. mungkin karena saat itu gue kebanyakaan maen basket outdoor. entahlah.

jadi sepatu itu kebanyakan nganggurnya.

tahun 1999, ketika gue lagi giat-giatnya latihan basket di klub, gue malah pake sepatu nike runnng. enak enteng.

tapi sepatu itu akhirnya jebol juga. jebol bukan karena solnya lepas, bukan karena lem-lemnya lepas, tapi karena solnya abis. gila keren kan?

nike running itu dibeli circa 1997 kayanya. 

nah jaman sebelum krismon melanda negeri ini, barang kw gak ada. kalo pun ada gak beredar luas. 

tapi ketika krismon datang, barang kw dimana-mana. tentunya sangat diminati karena modelnya sama tapi harganya miring abis. pas banget sama kondisi ekonomi saat itu.

nah, pas ketika sepatu nike running gue udahan. musti pensiun, gue gak ada sepatu lagi. tapi kegiatan berbasket harus terus jalan. akhirnya gue pake tuh si converse LJ. 

beberapa kali pake, rasanya gak enak. sampe akhirnya jebol juga. bukan cuma lemnya yang lepas, tapi solnya kaya lu bisa liat gambar di atas. ancur. kacau. mau diapain juga gak bisa. ganti sol? dimana yang jual sol yang sama persis? gak ada kan?

fast forward ke internet era, ternyata ada yang namanya retro. sepatu retro. beberapa orang beli buat mengenang masa lalu. tapi ada juga beberapa orang yang di scene ini gak mau. mereka lebih milih OG. dimana, kalo lu liat itu gak masuk akal. misalnya air max 1 OG, biarpun udah ancur berantakan solnya tapi tetep laku dijual.

dan yang lebih gilanya itu sol berantakan bukan karena dipake, tapi karena disimpan.

gue jadi inget converse LJ gue. kebanyakan disimpan. malah jadi ancur. damn it!

jad gini ya gue mau cerita dikit, di sana orang yang berada di scene ini, misalnya ketika air max 1 rilis, mereka gak beli cuma 1 pasang. kalo kita kan di sini beli karena doyan modelnya dan beli 1 pasang ya buat dipake. gitu kan? nah mereka di sana engga. misal mereka beli 3 pasang. 1 buat dipake. 1 buat dikolesi. 1 lagi buat dijual, ketika harganya udah naek, ketika di toko udah gak ada lagi stoknya. sinting emang. dan yang sintingnya, sepatu yang dikolesi itu kan gak dipake. buat dikolesi. buat dipajang. dan akhirnya ancur tuh solnya. tapi laku dijual karena OG. fuck shit!

nah point dari ocehan gue ini adalah, gue menemukan artikel tentang kolektor sepatu. tapi mereka koleksi sepatu tahun 70-80an. mereka bilang, sepatu tahun itu masih bisa dipake di tahun sekarang. solnya masih oke. dibandingkan sepatu tahun 90an ke atas. walaupun cuma disimpen, solnya ancur.

jadi sepertinya ini adalah konspirasi produsen sepatu biar kita beli sepatu terus. 

gini ya, jaman gue sd smp sma, itu sepatu gue gak jebol solnya, gak lepas lem-lemannya. yang bikin sepatu harus ganti karena solnya abis. abis. jadinya licin. bahaya kan? converse one star gue malah karena solnya abis gue pake terus bolong jadinya. jadi kalo ujan lewatin jalan basah kaos kaki gue basah. 

dan ya tadi gue bilang, semenjak krismon dan banyak barang kw, kualitas sepatu jadi berkurang. lu boleh beli sepatu harganya mahal di toko sepatu di mall. lu pake maen basket, gak lama jebol juga. lu harus ganti sepatu bukan karena solnya abis, tapi kerena jebol. ngehek kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar