Sabtu, 10 September 2011

Hot Wheels






gara-gara ini nih gw keracunan. jadi gw tau hotwheels itu sekitar tahun 95-96. jaman gw sering ke toys city. dulu gw beli die cast 1:24 buat gw custom. iseng-iseng aja. maklum loser gak ada kegiatan. saat itu yang gw tau hotwheels itu cuma mobil yg ceper, knalpot dan mesin yang kemana-mana tapi bentuk mobilnya aneh-aneh. seiring berjalannya waktu selaen gw demen mobil ceper dan bunyi mesin yang mender-deru, gw juga mulai mengenal banyak aliran dalam dunia otomotif ini. gak sekedar ceper doang. pada dasarnya semua aliran keren. bahkan aliran bosozoku yang mungkin aneh pun buat gw keren!

sampe sekarang aliran yang selalu bisa buat gw nganga kalo gak hot rod yaa lowrider. tapi kalo realnya gw pengen banget punya japanese nostalgic car. soalnya beberapa mobil tuh adalah mobil-mobil yang beredar di jalanan saat gw tumbuh. sakit deh pokoknya!

anyway, sekitar tahun 2005-2007an saat gw masi nganggur, gw kan suka jajan di indomart. sekedar beli minum ato snack. di situ gw suka liat ada hotwheels. tapi modelnya gak kaya yang gw kenal dulu. beberapa ada yang beraliran hot rod atopun lowrider. jadinya kepengen. tapi harga segitu buat gw yang pengangguran brarti banget. akhirnya cuma liat-liat aja.

sekitar 2009-an ketika gw udah kerja, dan abis gajian saat gw biasa belanja bulanan ke kerfor ato giant gw kadang suka iseng liat-liat bagian maenannya, dimana di situ ada hotwheels. pengen beli, ntar nagih. gak pengen beli, tapi kepengen. dan disaat bersamaan juga gw kondisinya lagi kredit 2 motor. jadi kondisi keuangan mepet banget. malah terkadang gajian belom udah cari pinjeman. nanti gajian bayar utang doang!hahaa....

sampe akhirnya gw ngerasa gw musti punya nih. buat koleksi, pajangan di kamar gitu lah. akhirnya ketika saatnya belanja bulanan, gw tetapkan beli 1. nah karena cuma musti beli 1, sementara pilihannya banyak, gw jadi bingung sendiri. musti beli yang mana dulu nih, buat memulainya. akhirnya waktu itu pilihannya jatuh ke custom '77 dodge van. yang ternyata sekarang pas gw perhatiin itu edisi 2008. nah dari situ akhirnya setiap belanja bulanan gw beli lagi satu. kalo ada lebihan gaji, kadang gw beli dua ato tiga. tapi seinget gw waktu beli tiga pun ada rasa nyesel. lah besok makan gimana? beli bensin gimana? akhirnya cari makan di kantor. ngarepin ketring spare, ato kadang puasa. beli bensin kadang pas lagi tiris gak ada acara, bela-belain pergi-pulang jalan kaki. ato cari tebengan. hahaa...segitunya!

ini dia hotwheels pertama gw


2010, waktu itu gaji gw udah naek, jadi walopun masi bayar cicilan dua motor tapi masi ada lebihan deh. nah akhirnya gw mulai iseng-iseng ke toko maenan cari hotwheels. tetep yang gw beli yang gw selera aja. dan gw batasin sekali beli per bulan lima aja. biar pas selembar seratus ribuan, kembalinya buat mbak-mbak kasirnya.

awal 2011, gw mulai mengenal jualan hotwheels online. ok, gak baru waktu itu juga sih, udah beberapa saat sebelumnya, sekitar pertengahan tahun 2010. cuma waktu itu langsung kesel dan udahan liat-liat jualan hotwheels online karena liat harganya. diatas harga pasaran yang ada di toko-toko maenan. mungkin waktu itu gw belum ngerti dan mungkin waktu itu belum serius. nah ketika liat-liat di online shop, gw secara gak langsung mulai belajar. apa yang hot, yang jadi inceran kolektor, apa yang ada di edisi tahun-tahun sebelumnya. dan mulai ngerti kenapa mobil yang sama di edisi yang sama ada yang beda warna misalkan.

gw lupa tepatnya kapan, pas lagi jalan-jalan ke depok, ke margo city kalo gak salah, gw nemu toko maenan yang kayanya punya perorangan. jadi bukan toko maenan besar macam toys city gitu. di situ gw lumayan agak-agak nganga liat jualan hotwheelsnya. karena selaen dari tahun lawas, juga ada mobil-mobil yang gw suka. tapi pas liat harganya gw langsung manyun, dan cepet-cepet keluar dari toko itu sebelum gw tereak-tereak gara-gara kesel gak mampu beli.

sampe akhirnya cicilan motor gw lunas. jadi katakan duit yang biasanya tiap bulan gw bayarin buat nyicil motor tetep utuh. gak kepake. mau diapain nih? di saat masi pusing masi bingung mau diapain, pas lagi jalan-jalan masuk ke toko maenan. iseng liat hotwheels. dan tau-tau udah pulang ngeborong. beli sampe 10 mobil! sampe rumah kepikiran sama mobil yang tadi gw liat tapi gak gw ambil, dan ternyata pas liat di list pun belum punya. besoknya balik lagi. hiyaaaa!!!

akhirnya sebulan keluar masuk toko maenan, ngerasa kok yang dijual sekarang gw udah punya semua ya? akhirnya nemu lah yang jualan online dengan harga bersahabat. istilah kata, harga beda tipis, tapi gak usah sibuk hunting buang duit bensin, parkir, tenaga, waktu tapi bisa dapet yang kita mau. malah kadang kalo beli banyak bisa ditawar. ato kadang nemu yang jualan onlinenya lagi sale. jadi harganya dibawah harga toko. mulai sakit dah gw!

sebulan terakhir gw maen di forumnya hotwheels kaskus. dulu sih udah penah masuk. tapi dulu page-nya udah banyak, jadi males baca-baca, jadi kadang bacanya random aja. nah sekarang udah ganti bab tuh forumnya. karena page-nya masi dikit, bela-belain deh baca dari awal. dan ternyata, membuat gw semakin sakit. karena kalo lagi ada mobil yang diomongin, langsung gw belai-belain hunting kemana gitu. kalo dapet seneng. kalo gak dapet, hunting terus. ato juga pas lagi ada mobil yang diomongin, ternyata gw udah punya. langsung pamer. dan senengnya, kebanyakan yang maen di forum itu, amatiran kaya gw semua. bukan kolektor profesional yang bela-belain beli satu mobil bisa sampe jutaan rupiah. makanya jadi sepikiran, dan seru. jadinya sakit.

anyway. mau pengakuan dosa aja, seminggu terakhir gw udah beli 63 mobil! dan kayanya gak bisa berhenti. karena gosipnya udah mau akhir tahun gini model-model baru banyak mau keluar.

yaaa ALLAH, salah apa saya sampe keracunan hot wheels gini ??!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar