Kamis, 06 Oktober 2016

kopi

gue lupa udah pernah posting tentang kopi atau belum. tapi gue males ngecek, jadi gue posting deh nih. kalopun nanti ternyata gue pernah posting tentang kopi, anggap aja ini suatu pembaruan. 

kopi. sebenernya dari gue kecil di rumah gue selalu tentang teh manis. dari gue SD sampe SMA, gue kan gak pernah sarapan. sarapan dalam arti, kita setelah bangun lalu mandi dan pake seragam, duduk di meja makan untuk sarapan atau makan pagi sebelum berangkat ke sekolah. tapi di rumah gue setiap pagi itu selalu tersedia teh manis anget. yang kadang udah gak anget, karena disiapinnya dari jam sebelum gue dibangunin, jadi pas gue udah kelar pakai seragam pas minum teh manisnya udah adem. 

anyway, kalo ke rumah sodara-sodara pun, pasti tentang teh manis. tapi kali ini variannya adalah es teh manis. dimana es teh manis ini sebenernya (kalo di keluarga gue) adalah versi murahnya penyajian minuman ke tamu yang dateng karena kebetulan sirup atau minuman bersoda lagi abis stoknya. 

gue kasih tau nih, gue tumbuh kembang di era dimana kopi saat itu gak ada dalam bentuk sachet kaya sekarang dan model serta rasanya macem-macem kaya sekarang. yang gue inget dulu, kopi itu cuma ada satu. yaitu kopi hitam. kemasannya kaleng bentuk kotak kaya kaleng kerupuk minus kacanya. koreksi jika gue salah. sampai akhirnya awal-awal tahun 90an, atau malah pertengahan tahun 90an, emak gue beli kopi yang berbeda sama yang gue sebutkan sebelumnya, yaitu kopi bernama nescafe. kemasannya gak dalam bentuk kaleng lagi (oiya gue gak tau nama kopi dalam bentuk kemasan kaleng ini), melainkan dalam bentuk toples kaca. dimana nantinya ketika kopinya abis, nih toples sih seringan gak dibuang, tapi sering difungsikan ulang sama emak gue buat tempat bumbu dapur. waktu itu emak gue selaen beli kopinya, juga beli creamernya. jadi nanti ketika bikinnya kopi dicampur creamer. 

oiya, di keluarga gue pada saat itu yang minum kopi adalah dari keluarga emak gue. dari keluarga bokap gue sih seringan gue liat minumnya teh manis. nah di keluarga emak gue itu mereka minum kopinya ya kopi hitam. jadi baru emak gue doang yang minum kopinya dicampur sama creamer. dan mereka minum kopinya secangkir itu (dibuat pagi) bisa sampe sore atau kemalem. jadi kopi akan dibikin baru kalo emang dicangkir udah abis. 

saat itu kalo gue dan ade-ade gue mau nyicipin kopi, selalu dilarang. katanya nanti kumisan. jadi saat itu gue gak tau rasanya kopi kaya apa. dan karena gue pikir gak minum kopi gak mati juga, jadi gue santai aja kalo dilarang.

lanjut ke jaman kuliah, teh manis anget jadi salah satu suplemen gue dalam beraktifitas. waktu itu dalam sehari gue harus minum teh manis anget sekali. tapi yaudah. artinya gak sampe dua kali atau bahkan lebih. dan gue juga lupa tepatnya kapan pertama kali gue nyobain minum kopi. minum kopi disini artinya ada kopi secangkir, gue nyobain sesruput. dan waktu itu yang gue inget rasanya adalah gak sesuai ekspektasi. akhirnya, gue masih lebih milih minum teh manis.

oiya, yang gue minum kopi hitam ya. dan rasanya beda sama kopi yang dicampur creamer ala emak gue. sungguh beda.

sampe akhirnya ketika gue lulus kuliah, gue sempet nganggur karena belum kerja, bokap gue pulang dari warung bawa kopi sachet. sekitar tahun 2005. waktu itu gue tau sih udah macem-macem kopi. merk, rasa dan kemasannya. cuma gue masih gak terlalu peduli. gue masih teh manis. seringan sih teh manis anget. gara-gara gigi gue gak tahan kalo minum dingin.

kopi yang dibawa pulang bokap gue itu namanya abc mocca. seinget gue masih 500 rupiah harganya sesachet. awalnya pun gue gak minat, tapi karena bokap gue bikinin yaudah gue minum. waktu itu bokap gue bikininnya segelas gede (ala gelas warteg) dan ditambah gula. jadi karena manis ya gue seneng-seneng aja minumnya. 

sejak saat itu gue minum kopi. abc mocca. 

2007, gue kerja di blitz. awalnya waktu training sih ada coffee break. dan di pantry disediain kopi,gula dan teh. jadi kalo mau ya silahkan bikin aja. air panasnya pake air panas dispenser. karena gak ada kompor.

nah setelah selesai training, ketika mulai kerja, ternyata di ruangan tempat gue kerja cuma ada dispenser. gak ada apa-apa. jadi gue cuma bisa minum air putih aja. 

sampe suatu ketika temen gue bawa kopi sachetan. gue lupa merk apa. dan itu jadi menginspirasi gue juga. 

jadilah kalo kerja gue bawa kopi sachetan di tas. tapi permasalahannya karena gak ada gula dan air panasnya dari dispenser, rasanya kok beda sama kalo gue bikin kopi yang sama di rumah. tapi karena biar gak minum air putih doang, yaudah gue cuek.

ternyata, suatu hari karena gelas gedenya abis, cuma ada gelas kecil, gue bikinlah itu kopi sachetan. dan rasanya lebih berasa. jadi kesimpulannya adalah, selama ini karena gue bikin pake gelas gede, airnya kebanyakan. jadi gak terlalu berasa. apalagi gak ada gula kan. oke. ilmu gue nambah.

sekitar tahun 2008, karena mau nyobain gesek kartu kredit, gue nyobain starbuck. waktu itu bingung mau pilih kopi yang mana. dan gue lupa sih pesen apa. dan hasilnya adalah gue kecewa. udah harganya mahal, rasanya gak enak. masih enakan kopi sachetan gue. abc mocca. shit!

2010, suatu ketika gue baca tentang warung kopi yang makin banyak di jakarta dan menyajikan kopi lokal. karena penasaran, suatu ketika gue sambangi. lupa namanya. ada di daerah sabang. gue pesen kopi aceh kalo gak salah. dan ternyata penyajiannya dikasih susu. jadi kopinya setelah ditiriskan ampasnya, campur susunya. hasilnya adalah gue mules. oiya FYI, gue emang kalo minum kopi jadinya mules. tapi gue suka. biar berak gue lancar. tapi ini mulesnya keterlaluan. gak pake lama langsung mules. dan gue pikir. oke kembali ke abc mocca aja. selaen murah, mantap pula. 

suatu ketika, pas lagi nongkrong sama ade gue ke warung, dia jajan granita. granita itu adalah kopi dalam kemasan gelas plastik dan ditaro di pendingin sama tukang warungnya. gue cobain. dan rasanya gue suka. waktu itu segelas harganya seribu rupiah. oiya, abc mocca udah naek harganya. jadi seribu rupiah juga. 

jadi gue kalo mau minum panas, gue minum abc mocca. kalo mau minum dingin gue minum granita. 

gue udah bisa minum dingin, karena gigi gue yang ngilu kalo minum dingin udah dicabut.

tahun 2012, sodara gue bilang kalo dia sukanya kopi susu yang ada di warkop. kenapa? karena rasanya lebih enak daripada kopi susu bikin sendiri. 

oke gue cobain. dan hasilnya. emang bener. kopi susu warkop enak. pernah sih biar hemat gue bikin sendiri di rumah. tapi rasanya beda. gak seenak buatan warkop. entahlah.

jadi so far pilihan mgopi gue nambah. abc mocca kalo buat di rumah atau kantor. granita kalo mau jajan ke warung dan mau kopi dingin. kopi susu warkop kalo lagi mau kopi panas tapi males masak sendiri.

2014, ada anak baru di kantor gue. oiya, di kantor gue gak ada apa-apa. gak ada yang nyetok kopi, gula atau teh. pada trauma kayanya. soalnya kalo ada yang nyetok, pada gak minum air putih lagi. nah anak baru ini kecewa sama isi kantor gue yang cuma ada air dispenser. itu pun air isi ulang gak original. akhirnya dia bawa kopi hitam dan gula. serta bawa pemanas air listrik. niat banget.

awalnya gue sih gak ikutan. kalo mau ngopi, gue ya bikin kopi sachet gue dan seduh pake air panas dispenser. sampe akhirnya kopi gue abis. dan dia mau ngopi, terus ngajakin gue ngopi dan dia bikinin. di situ gue terpukau. kopi hitam enak juga. gue diajarin dia komposisinya. satu sendok kopi + satu sendok gula. pake cangkir. 

pernah pas lagi pengen ngopi tapi males nungguin aernya mendidih, alhasil pake air panas dispenser, ternyata hasilnya beda. rasanya kurang enak. kurang keluar rasa kopinya. ilmu gue nambah lagi. 

jadi kalo lu mau ngopi, apapun kopinya, sebaiknya diseduh dengan air panas mendidih, dan pake cangkir. jangan pake gelas plastik. karena rasanya akan beda. lebih mantep. 

lucunya adalah, ketika gue jadi sering minum kopi hitam, kopi abc mocca ketika gue minum jadi terasa kurang jantan. jadi sekarang gue berubah. kopi hitam panas. abc mocca kalo lagi pengenan aja. 

oiya, setelah gue melakukan percobaan, entah kenapa kopi yang udah adem kurang berasa lagi enaknya. jadi kopi lebih enak diminum ketika masih panas. makanya gue heran sama orang yang bisa minum kopi berlama-lama. sampe adem gitu. 

di rumah, emak gue, yang gue gak tau alesannya suka beli kopi berbagai jenis merk dan rasa. kadang gue cobain. tapi belum nemu yang enak. masih kopi hitam yang enak. 

nah, ngomong-ngomong kopi dan variannya, gue juga udah beberapa kali nyobain.  sebenernya gak niat mau cobain, tapi karena lagi pengen ngopi dan adanya itu. ternyata hasilnya gue gak terlalu suka. cuma buat bikin mules it's ok lah. tapi sayang juga duitnya. mahal-mahal gitu. 

jadi ketika gue baca artikel tentang gak ada rasa kopi yang mutlak enak. iya bener. gue mengamini artikel gue itu. artinya, lu boleh bilang kopi A enak. biar pun harganya selangit kalo gue gak suka, mau apa lu? 

sebagai penutup, gue cuma mau bilang, ini bukan masalah harga. bukan masalah kemampuan atau daya beli tentang kopi yang enak. tapi ini masalah selera. 

buat gue kopi hitam panasnya kapal api, kopi susu warkop dan granita dingin atau sesekali abc mocca, udah cukup buat gue. gak perlu gue ke warung kopi high class demi eksistensi dan pengakuan tentang apa itu kopi yang enak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar