Jumat, 19 Februari 2016

liburan ke jogja

akhirnya tiba juga tanggal yang ditunggu-tunggu. karena gw sama si anna akan berlibur. kali ini destinasi kita adalah jogja. entah mengapa.

naek kereta yang jam 21:45 dari stasiun senen. jam delapanan kita udah sampe. karena mau tuker tiket dulu.

setelah tuker tiket, kita duduk-duduk aja ngobrol sambil nungguin waktunya berangkat.

pas akhirnya udah mau berangkat, kita berdoa. agar selamat sampai ditujuan. dan tidak lupa berfoto.

naik kereta api sekarang sudah teratur. walaupun kita naiknya yang kelas ekonomi. semua duduk sesuai nomor bangku yang tertera di tiket.

yang mengejutkan buat gw adalah, walaupun kelas ekonomi, tapi pake ac. dan ada colokan. jadi delapan jam perjalanan kita tidak bosan. bisa online pakai hape. hapenya lowbat, tinggal colok.

oiya, gw pasang juga tuh di hape gw stopwatch. soalnya sesuai di tiket, perjalanan menempuh waktu sekitar delapan jam lebih. jadi gw mau tau aja gitu, bener apa engga.

nah setelah kereta udah berjalan sekitar 4 jam, gw mulai penasaran, kira-kira berapa stasiun lagi kita sampe. dan ternyata ada penunjuknya.

akhirnya sekitar jam 6 kurang, kita sampai juga di stasiun tugu jogja. alhamdulillah. setelah gw cek stopwatch di hape, ya kurang lebihnya sama lah. delapan jam-an.

awalnya kita akan mencari hotel murah di sekitaran malioboro. karena dari stasiun tugu ke malioboro cuma perlu jalan kaki.

dari stasiun tugu kita jalan kaki ke malioboro. sampai di sana ternyata banyak yang berfoto. yaudah biar gak norak kita ikutan juga.

pas lagi jalan, karena semaleman kita gak makan agar terlihat ok sampai di jogja, si anna ngajakin sarapan. karena laper juga ternyata gak makan semaleman.

saat itu pilihannya ada soto ayam, bubur ayam dan nasi pecel. oiya ada nasi kuning juga. tapi kata si anna kita makan nasi pecel aja agar sehat.

makan melipir lah kita jajan nasi pecel.

kelar makan, kita mulai keliling sekitaran malioboro, nyari hotel murah yang sebelumnya udah kita incer dulu melalui hasil googling. tapi ternyata suasanya buat gw sih gak enak. terlalu ramai.

alhasil kita skip semua.

sambil jalan menuju ujungnya malioboro, kita googling lagi hotel yang sekiranya adem, damai dan gak ramai. dan ketemu. namanya puri chorus. setelah booking melalui fasilitas agen, katanya baru bisa check in jam 2 siang. sungguh aneh. buat gw. atau emang gitu? gw nya aja yang gak pernah nginep di hotel.

alhasil nunggu jam 2 siang, kita naek trans jogja. kita random aja rutenya. sembari liat-liat suasana jogja.

satu hal yang membuat gw takjub adalah, itu jam-jamnya masih pagi. tapi gak terlihat adanya kemacetan. bisnya jalan terus. lancar jaya.

sambil muter-muter naik bis, gw mencoba mencari tau, dimanakah hotel yang akan kita inapi ini? dan apakah ada rute trans jogja yang melaluinya?

ternyata ketemu. cuma karena kita sok-sokan alhasil kita salah turun halte. dan kita harus jalan kaki sekitar dua kilometer supaya bisa sampai di hotelnya. lumayan. bakar lemak nasi pecel.

yang gw inginkan adalah segera check in dan mandi. lalu tidur. kenapa?

jalan kaki dua kilometer bawa tas berat apa gak kringetan? belum lagi mataharinya. lalu di kereta delapan jam, gw gak tidur. karena jagain tas juga posisinya gak bisa buat tidur pules.

sampe akhirnya ketemu juga hotelnya. setelah ketemu mbak-mbak resepsionis, katanya baru bisa check in jam 2 siang. sementara itu baru jam 10 pagi. keren.

alhasil kita duduk-duduk aja di lobbynya. sambil istirahatin kaki, pantat sama punggung.

oiya, malam sebelumnya gw baca twitan kawan gw yang lagi ke jogja juga, dia, karena hujan akhirnya pesen makan pake gojek. waw! gojek udah ada di jogja.

alhasil gw test aja gojek gw. dan pilih restaurant near me. dan hasilnya... lumayang menggugah selera.

setelah berdiskusi sama si anna, kita pesen makanan dari restoran cina. si anna nasi goreng, gw mie goreng.

akhirnya pesenan kita dateng. dianterin gojek. keren sekali. terus kita makan siang, modal pinjem sendok sama mbak-mbak resepsionisnya.

kelar makan, karen masih lama juga bisa check in nya, kita lanjut ngobrol aja. bahas-bahas mau kemana mau kemana.

oiya, sebelum berangkat pula, gw udah nyari info tentang rental motor. lumayan buat transportasi kita selama di jogja. dan sembari nunggu jam dua, gw hubungin aja si rental motor itu. tapi ternyata slow respons.

ketika akhirnya kita udah bisa check in, gak pake lama gw mandi dulu. kelar mandi baru un-packing, dan gw rebah. mengistirahatkan punggung.

niatnya sih mau tiduran bentar, bangun sorean, baru dah muter-muter sembari cari makan malem.

tapi ternyata di kamar, ada iklan, kalo di hotel itu juga bisa rental motor. yaudah lebih bagus lagi.

sorean setelah abis istirahat, kita tanya ke resepsionis, masalah rental motor. ternyata cuma ninggalin ktp doang. yawes. langsung gas pol. tujuan pertama gw adalah mencari swalayan. gw mau beli sendal. karena gw berangkat pake sepatu, gak bawa sendal, tapi sampe jogja sepatu gw jebol. syit.

eh pas belokan di lampu merah, terlihat ada hypermart. dan ada tulisannya blitz. yang ternyata itu adalah hartono mall. yaudah mampir kita.

setelah beli sendal, kita ceki aja blitznya. tidak lupa berfoto tentunya.

cabut dari hartono mall, kita muter-muter jogja. awalnya mau makan angkringan. tapi gw mau nasi goreng bringharjo.

sampai di tkp, gak ada tukang nasi goreng. yang ada malah kita jajan batagor. kelar jajan batagor, kata si anna mau ke taman pelangi. tapi gw bilang besok aja. jadi kita atur rute dulu buat besok. sekarang kita ke taman pelangi survey tempatnya aja dulu. sekedar tau aja dulu.

akhirnya ketemu juga taman pelangi.

dari sana, kita muter lagi dan bingun mau makan apa.

sampe akhirnya memutuskan kita pulang aja, dan kita pesen makan pake gojek lagi.

tapi deket hotel ada pecel ayam. karena laper, kita melipir. malam itu kita makan pecel ayam.

kelar makan, kita pulang dan beristirahat. karena sungguh lelah sekali.

besoknya bangun, pas nyalain tv, ada liputan martabak yang punyanya anaknya jokowi. dan setelah kita tonton, katanya ada di jogja. dan martabaknya kaya pizza. gak kaya martabak pada umumnya. alhasil rute kita hari ini adalah, mau ceki blitz jwalk, lalu ke taman pelangi dan jajan martabak.

ternyata gak jauh juga jwalk dari hotel kita nginep. sampe sana kita agak kaget. karena tuh mall gak ada isinya. lantai atas doang. blitz.

seperti biasa kita foto dulu biar ada kenangannya.

si anna ngajakin nonton. yaudah deh. sekalian nyobain. lumayan gratisan. ada orang dalem.

karena filmnya jam empat sore, kita belum makan siang, saat itu jam dua siang, kita cabut dulu keluar. cari makan sekitaran situ. pilihan kita makan soto ayam.

selesai makan, kita balik lagi ke mallnya. terus nonton deh.

kelar nonton kita cabut ke taman pelangi.

oiya taman pelangi bukanya abis maghrib, biar keliatan lampu-lampunya.

sampai sana, ternyata rame banget. weekend kayanya.

kita muter-muter dan foto-foto.

setelah puas muter-muter dan foto-foto dan karena yang dateng makin lama makin banyak, jadinya banyak banget orang, kita cabut deh sekitar jam delapanan.

tujuan selanjutnya mau beli martabak.

muter-muter dua kali gak ketemu, sampe akhirnya ketemu juga. ternyata tempatnya kaya restoran. gw kira kaya tukang martabak biasa kaki lima gitu.

pesen yang delapan rasa. seharga 70 ribu rupiah. ini dia :

cabut dari situ kita mau cari makan malem. karena si anna pengen angkringan, kita ke arah tugu. di sana banyak angkringan.

bener aja. banyak pilihan. dan rame.

akhirnya kita makan malem angkringan. kenyang. sori gak foto. tangannya susah. megang ini itu banyak.

kelar makan, si anna mau ke malioboro. ternyata di malioboro, walaupun tokonya udah pada tutup, kaki limanya masih pada buka.

setelah parkir si anna keliling cari oleh-oleh. gw duduk deket parkiran. jajan sate ayam.

sekitar sejam kemudian kita ketemuan lagi. mau cabut. tapi karena malam minggu, gw bilang kita muter-muter aja dulu. liat suasana jogja malam minggu.

muter-muter akhirnya sampe ke alun-alun kidul.

kita parkir deh, cobain jalan menembus beringin kembar dengan mata tertutup.

kita berdua sukses. karena sukses pada percobaan pertama jadi gak seru lagi. akhirnya kita memutuskan untuk balik ke hotel.

oiya tidak lupa foto dulu.

besoknya karena hari valentine, kita kostumnya tematik. pake pink. biar uye.

hari ini jalan-jalan aja ke luar jogja.

dan tau-tau ada candi. candi prambanan. yaudah kita melipir. ceki-ceki. sekalian foto-foto.

pulang dari candi, kita mau cari bakpia. kata adek gw yang enak kurnia sari namanya.

setelah ceki google maps, sampe deh kita di sana. beli buat oleh-oleh dan titipan.

karena bawaan banyak, dan kita udah terbakar matahari siang juga, kita pulang dulu ke hotel. mau naro bakpia dan mau mandi. biar segeran.

malemnya karena gak tau mau kemana, si anna masih penasaran mau beli oleh-oleh di malioboro. jadilah kita balik lagi ke sana.

abis itu mau makan malem juga gak tau mau makan apa. alhasil balik lagi angkringan tugu. alhamdulillah kenyang.

pulang deh kita ke hotel dan beristirahat.

besoknya adalah hari terakhir kita di jogja. gw bilang sama si anna, dari pada kita pulang berat bawaannya banyak, kita paketin aja nih baju kotor dan oleh-oleh.

jadi hari itu kita belanja kardus, terus packing. terus ke jne buat paketin. kelar deh.

bawaan pulang enteng.

malemnya kita santai-santai aja di hotel nonton tv sambil makan bakpia sampe mabok.

besoknya pagi-pagi kita udah bangun dan mandi dan bersiap pulang. karena kita naek kereta ke jatinegara yang jam 9 pagi.

alhasil dari hotel jam tujuhan kita udah cabut. naek trans jogja ke stasiun tugu.

dan lagi-lagi salah perhitungan. gak macet. cuma sekitar setengah jam udah sampe.

karena masih lama, kita cari sarapan dulu,

kita sarapan angkringan lagi.

kelar makan kita masuk deh ke stasiun. sekitar sejaman kita nunggu kereta.

sembari nunggu tidak lupa kita berfoto.

akhirnya sekitar jam sembilan keretanya datang. kita duduk sesuai nomer. pas keretanya jalan kita foto lagi.

sekitar jam enam kurang, kita udah sampai di jakarta. stasiun jatinegara.

abis itu kita naek KRL ke tanah abang. di tanah abang, si anna lanjut ke depok. gw pindah kereta. naek yang ke serpong. turun di pondok ranji.

sekitar jam delapan malam gw udah sampai di rumah. si anna sekitar jam sembilan malam sampai di rumahnya,

alhamdulillah kita pergi dan pulang dengan selamat. liburan yang menyenangkan dan mengenyangkan.

terima kasih buat Allah, buat anna, buat KAI, buat orang-orang jogja, buat JNE dan buat mbak-mbak resepsionis hotel.