Senin, 08 Juli 2013

metallica


tau lambang di atas kan? gw tau itu waktu gw kelas 3 sd. waktu itu kawan gw suka bawa kaset yang cover depannya kaya gitu. kata mereka itu musik metal. itu keren. gw waktu itu denger lagu aja cuma pop batak koleksi emak gw. gw katro. gak tau apa itu metallica. gak tau apa itu musik metal.

pas liburan cawu, keluarga besar siregar liburan ke cibulan. daerah puncak lah. sodara sepupu gw yang usianya diatas gw bawa tape dan kaset-kaset koleksinya. pas gw liatin kaset-kasetnya itu ternyata ada kaset metallica. wah, sodara gw keren. dia dengerin metallica. dia tau musik metal. selain kaset metallica ada kaset metal lainnya. gw lupa siapa aja. tapi pokoknya waktu itu ciri khas cover kaset metal adalah gambar-gambarnya serem. horor. tengkorak. gambar setan lah pokoknya.


liburan telah kelar. dan pas masuk sekolah lagi gw ceritanya mau nampang sama temen gw itu. gw bilang gw udah dengerin metallica. keren yaa! dia nanya, lu demen yang mana? gw lupa. asli lupa. karena waktu di puncak pun pas gw dengerin kasetnya sodara gw itu, gw gak ngerti. ini apa sih? akhirnya gw bilang sama temen gw, gw demen yang kasetnya gambar tengkorak itu. kata dia : ooo yang justice for all itu? gw karena gak ngerti dan lupa gw iyain aja.

abis itu pas wiken, gw ngerengek minta anterin sama bokap ke rumah sodara gw itu. mau dengerin kasetnya ceritanya. sukur-sukur kalo boleh minjem. sampe di sana ternyata sodara gw gak ada. dan yaudah gw dengerin aja di kamarnya. sampe kelar, dan gw tetep gak ngerti metallica itu apa. musik metal itu apa. syit!

abis itu di sekolah gw mulai mewabah kaos metal. semua anak-anak cowo brengsek pada pake kaos metal. taunya itu kaos metal adalah gambarnya serem-serem. gambarnya tengkorak. ada apinya. pokoknya kalo kata guru-guru mah kaos gambar setan.

setelah kejadian itu, gw tumbuh besar dengan musik hip hop dan rnb. jadi gw gak terlalu ngikutin lagi musik metal. sampe akhirnya sekitar tahun 1996, gw beli majalah skateboard. karena beberapa orang di sekolah gw mulai maen papan. itu pas gw sma tuh. gw minjem papan temen gw dan gw cuma bisa meluncur. kata temen gw, lu beli aja majalahnya. ntar di majalah itu ada macem-macem gaya. ada tips n tricknya juga. lu bisa latihan deh. ada namanya juga. waktu itu gw cuma tau ollie dan kickflip. walaupun gw gak bisa kickflip. 

jadi lah gw beli majalah skateboard bernama trasher magazine. seharga 14900. di majalah itu yang gw bingung metallica sangat-sangat berpengaruh bagi dunia skateboard. sepertinya siapa pun lu, entah musisi, skaters, surfers ato pemberontak apapun kalo lu pake atribut metallica atau lu mendengarkan musiknya metallica maka lu keren. damn! 

lulus sma, gw banyakan maen basket dan nongkrong doang. hingga akhirnya waktu luang gw banyak dengerin musik-musik bawah tanah. waktu itu yang masuk di kuping gw punk dan hardcore. sampe akhirnya waktu berlalu dan gw sering nonton musik bawah tanah. 

sekali lagi, metallica ada dimana-mana. dari hanya pendengar musik punk kacangan hingga musisi besar semua memuja metallica. damn! 

sekitar tahun 2002 gw akhirnya minjem koleksi kaset metallica temen gw. dan setelah menghabiskan banyak waktu untuk mendengarkan, gw mulai ngerti musiknya. gw ngerti kenapa metallica banyak dipuja orang. gw ngertilah, walaupun tetep gw lebih menikmati musik punk.

sekarang setelah 20 tahun yang lalu mereka konser di lebak bulus dan rusuh, metallica balik lagi ke jakarta. dan semuanya heboh. semuanya mau nonton. tapi gw enggak. dan salah satu yang lumayan heboh di dunia maya itu ada akun twitter @DemiMetallica dan #DemiMetallica yang pada posting mau jual-jualin barangnya yang nantinya duitnya buat mereka beliin tiket konsernya. damn! sampe segitunya ya.

melihat itu, gw ikutan juga akhirnya posting di akun itu. ceritanya sih iseng aja. kalo laku yaa sukur, gak laku yaa gapapa. ini dia beberapa postingan gw yang memanfaatkan momentum #DemiMetallica :





hahaha.. iseng aja sih sekali lagi. dan menurut gw kalopun yang dateng konser disini bob marley, sepertinya semua orang akan melakukan hal yang sama. walopun mungkin ada juga yang gak tau siapa itu bob marley, dan kaya apa lagunya. karena momen seperti ini adalah momen yang gak bisa diulang lagi dalam hidup lu. jadi pantes lah kalo semua orang mau ikut berada dalam momen kaya gini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar