Minggu, 31 Juli 2011

beach cruiser

bikin apa kaya gini??tapi warna kuning ato item gliter emas ato biru laut...keren kali yaaa??!!

peri anselmo - spontanity, simplicity, and fun. is a fixed philosophy

waktu gathering FnF 101010 gw liat ini orang hardcore. tampangnya tua. sepertinya lebih tua dari gw. waktu itu dia pake federal. seadanya lengkap dengan ban paculnya. cuma di bikin FG. waktu itu emang kita gak kenalan. tapi gw sempet minjemin tools. bantuin dia pas ngencengin rantenya yang kendor. abis itu dari beberapa pembicaraan di trit, di facebook, dan pernah gowes bareng beberapa kali kita udah kenal. dan ternyata dia seumuran sama gw!

oiya, beberapa orang sih bilang dia pentolannya PGFG. namanya Peri Anselmo. keren kan? namanya aja hardcore banget. sampe akhirnya dia posting sepedanya yang federal itu dengan kondisi apa adanya, tapi modelnya donk, trick abis! hardcore lah pokoknya! menginspirasi gw punya sepeda 26' jadinya.



simak wawancara gw dengan peri anslemo berikut ini.

gw : sejak kapan kenal FG?
peri : awal mulanya perkenalan gw sama FG itu awal tahun lalu. sekitar bulan februari tahun 2010 ada acara gw di puncak. pas diatas nah ada temen gw bilang lagi rakit sepeda sambil ngunjukin gambar sepeda di BB nya. spontan gw langsung tanya sepeda apaan tuh, trus dia jawab FIXIE. hmmmm, awal mulanya saat itu sih gw ga terkesan. apalagi cuman simple doang ini sepeda mana warna-warni lagi. tapi ga taunya pas gw balik di rumah langsung web surfing dengan mengetik FIXIE dengan pencariannya. semakin lama semakin penasaran dan anehnya kaya ada magnetnya, dan kebetulan juga gw nemuin kok ada FG yg dipake buat trick sama modelnya kaya BMX. semakin penasaran gw nya. aduuuuuuh,, rupanya gw dah keracunan. yah itung-itung gw olahraga.

gw : rasanya gowes FG apa?
peri : jujur akhirnya kenapa gw gowes FG ya karena ga make rem. itu yg membuat gw nikmat jadi setiap gowes kita dituntut untuk waspada dan aware, spider sense nya dituntut lebih tinggi. untuk masalah FG pake rem apa gak itu urusan masing-masing lah yang penting setiap pengendara bertanggung jawab atas tunggangannya. oiya sama single speednya jadi simple ga musti ganti-ganti gigi.

gw : kenapa memutuskan pake federal,dan setingan trick? padahal semua orang pengen setingan track.
peri : ya karena gw mau yg beda aja dan juga keliatan lebih tough! hahahaha. padahal bisa juga engga gw! frame yang mau gw jadiin FG sebenernya bukan yang FEDERAL. gw pesen custom frame sama orang bandung. setingan dulu wheelset juga udah beli yg 700c tapi seiring perjalanan waktu dan gw semakin kena racun 26'er akhirnya pengen juga 26'er. karena frame customnya ga muat ban gendut 26x2.30 makanya gw jual lagi. nah gw pake deh sepeda hasil gw sunat waktu sd dulu si FEDERAL Bobcat. dan ternyata seruu!

gw : PGFG. cerita dong itu apa. ngapain aja. sekarang gimana. katanya bikin acara ya? ceritain juga dong. oiya di PGFG, yang gw tau, dari orang-orang lu bos nya PGFG. hahaha, bener ga tuh?
peri : untuk PGFG gw no comment. sori gw gak bisa cerita.

gw : harapan yg belon tercapai dari FG?
peri : gw malah pengen bikin CycloCross yg SS buat commuter aja. untuk FG cukuplah ga usah terlalu berlebihan juga yang akhirnya bikin ribet.

gw: last word?
peri : spontanity, simplicity, and fun. is a fixed philosophy.

Kamis, 21 Juli 2011

tenxector 2011 - the story

jadi sebelum fixedfest 2011 dimulai, dari twitter udah ada info-info kalo sector mau bikin acara sepedaan di bintaro. nah karena gw pikir deket dari rumah, gw tertarik. sampe akhirnya ada info lagi kalo daftar pre-sale cuma 50rb dapet goodie bags. yaudah. gak lama dari info tadi, gw gowes ke tendencies buat daftar. karena katanya yang boleh pake freewheel itu cuma alleycat, jadilah gw daftar alleycat. jujur alleycat itu apa, kaya gimana, gw gak tau. dan belom pernah ikutan pula. tapi gw cuek. oiya disaat itu ada kepikiran sepeda gw yang kuning mau gw ganti freewheel.

ini setup waktu daftar tenxector

dan emang gw daftar nya tuh awal-awal banget. jadi seiring waktu berjalan sambil iseng dan dapet inspirasi baru. akhirnya si kuning gak jadi gw ganti freewheel. malah gw pasang keranjang. dan niatnya mau pake setup itu buat acara tenxector. biar laen dari yang laen. toh setup itu gw pake waktu scruttening tremooorz. dan sukses bikin orang-orang bertanya-tanya.

ini last setup si kuning

tapi ternyata sebelom acara tenxector, bmx gw kelar juga. dan entah gimana kepikiran buat naek bmx. apalagi seminggu sebelomnya udah gw testride seputaran bintaro. asoy deh. walopun brakeless.

finnaly, hari yang ditunggu-tunggu dateng juga. acara alleycat itu pertama. start jam 8 pagi. nah regristrasi ualng jam 7. jam setengah 7 gw jalan dari rumah. sampe di lokasi udah lumayan rame. dan anak-anak fnf yang ikutan alleycat juga udah dateng. hari itu fnf gak banyak yang dateng. dan yang dateng pun semuanya ikutan alleycat. selaen gw ada kausar, rio, alan, indra, ajun, martin, phetax, igun. ada aji juga. tapi dia dateng doank. ngeliat-liat aja.



jadi alleycat hari itu adalah, kita harus menemukan lima pos tersembunyi. sesuai peta yang di dapet. nanti di setiap pos, kita harus memecahkan soal yang diberikan. kalo kita berhasil, kita akan mendapatkan sesuatu. dan peta kita dapet cap. tanda bahwa kita sudah berhasil di pos itu. nanti di finish line, sesuatu itu kita rakit, menjadi satu-kesatuan. oiya, rutenya bebas. jadi kita boleh nentuin mau ke pos mana dulu. kita di beri waktu 2 jam untuk menyelesaikan semua ini. dan pemenangnya bukan lah yang tercepat.

isi dari goodie bag nya

setelah membaca peta secara singkat dan mencoba mempelajarinya, gw liat pos-pos itu adalah di sebastian coffe di rempoa, ada toko tattoo sebelom bintaro plaza, di lapangan samping bintaro plaza, sekitaran golf sektor 7 dan ruko di deket kolam renang sektor 1. oiya, finisnya di tempat kita startnya. jadi muter-muter bintaro lah bisa dibilang.

sesaat sebelom start

mengingat gw brakeless, gw ke post yang di sebastian coffee dulu. karena rute kesana lumayan naek turun. dan menurut gw paling deket dari garis start. jadilah gw ke sana dulu. sampe sana tugasnya adalah foto di depan tokonya. dan fotonya di mention ke @sebastiancoffe atau @_sector_ atau @tenxector di twitter. dari pada pusing gw mention aja ke 3-3 nya. selesai dari sana langsung cabut menuju ke pos ke dua.

pose dulu biar dapet cap

pos ke dua yang gw pilih adalah toko tattoo sebelom bintaro plaza. kenapa, karena sekalian jalan. soalnya abis itu ada pos yang di lapangan samping bintaro plaza dan rute itu juga mengarah ke sekitaran golf sektor 7. jadilah gw gowes bmx gw naek turun jalanan bintaro. dengan napas tersengal-sengal gw cuek aja, ketika para pesepeda track liatin bmx gw. sebenernya gw gak tau kalo sebelom bintaro plaza ada toko tattoo. padahal hari-hari gw lewat situ. gak ngeh kali ya. dan ternyata bener. ada. sampe situ tugasnya adalah kalo mau bikin tattoo gw maunya tattoo apa. jadi di suruh gambar di kertas. gw bikin aja tulisan GAKBRENTI di lengan. keren! selesai dari situ menuju pos berikutnya. lapangan sebelah bintaro plaza.

sampe sana adalah menemukan stiker sector dan tendencies yang ditempel secara sembunyi oleh panitia. dan di foto buat nunjukin kalo kita berhasil nemuin.

sekalian eksis topi gw

dan selesai dari situ lanjut ke pos yang paling jauh. di sekitaran golf sektor 7. gw tetap gowes bmx gw dengan penuh semangat. karena udah nanggung. soalnya awalnya pas liat petanya gw udah sedikit nyerah. musti gowes bmx ke sektor 7 brakeless pula. dan ketika akhirnya sampe sana. gw langsung salam panitia yang jaga di pos itu. berkat mereka bikin acara gw akhirnya gowes bmx gw jauh ke sektor 7. di pos ini tugasnya adalah mengumpulkan 5 sampah disekitaran situ dan membuangnya ke tong sampah yang telah disediakan. that's it man. kelar dari situ perjuangan belom berakhir. masih harus gowes lagi ke ruko deket kolam renang sektor 1. dan karena jalannya satu arah ke arah garis finis. gw jadi bersemangat.

sampe di ruko deket kolam renang sektor 1, hal pertama yang gw lakukan adalah menarik nafas panjang. gak nyangka bisa ngelewatin perjuangan berat ini. dan tugasnya di pos ini adalah bikin pantun! ditulis di selembar kertas, pantun yang gw bikin adalah : IKUT ALLEYCAT MAEN PANAS. TAPI CINTA KU PADA MU LEBIH PANAS! kelar dari situ, gowes dikit ke garis finis. dan ternyata banyak juga yang udah finis. tapi beberapa sepeda track ada yang belum finis. jadi bisa dibilang gw bisa ngalahin sepeda track juga.

oiya, kan kita dapet sesuatu dari setiap pos ketika kita bisa nyelesain soal yang diberikan. nah sesuatu itu adalah plastik bag tendencies di pos 1, barcode harga di pos 2, hang tag di pos 3, price tag di pos 4 dan plastik pembungkus di pos 5. nah di garis finis kita disuruh ambil satu t-shirt tendencies dan kita rangkai barang-barang tadi. dan menjadi sebuah packaging. setelah itu dikumpulkan ke panitia. yang ditukar dengan sebuah nomer. nomer itu nantinya akan di undi untuk mendapatkan hadiah. oiya yang dapet hadiah juara 1 sampe juara 10. sebuah perlombaan yang aneh. dan gw gak dapet apa-apa. tapi gw puas. bisa gowes bmx gw melawan sepeda track.

ini dia sepeda yang gw gowes di alleycat tenxector

Senin, 18 Juli 2011

dionysius damas pradiptya a.k.a. parah_abis

Minggu 10 oktober 2010 xPivotx ngadain gathering buat FnF. Gw dateng. Gw ke salemba dulu. Ketemu sodara gw. Mo bareng. dan ternyata sodara gw ngumpulin massa. Buat barengan. Dan sebelum kita berangkat, orang ini dateng dengan sepeda federalnya. Dion. Pas kita kenalan. semenjak saat itu, gw dan dion beberapa kali gowes bareng. Selaen pas cfd, juga pas acara fnf. Beberapa kali kita ngobrol bareng, sharing dan dari komentar-komentarnya di thread ini orang sedikit radikal buat orang kebanyakan. Tapi buat gw itu gak masalah. Malah bisa dibilang gw sama dia sepaham. Apalagi kalo udah bicara sepeda.

Maka dari itu gw tertarik wawancara dia buat blog gw. Ini dia ... Dion a.k.a. parah_abis!

Gw : Kapan tau FG?
Dion : Kira-kira akhir tahun 2009 waktu itu, kalo gak salah. Gw ngeliat sekelebat 'sepeda lucu' yang gak biasa di bubur tanjung, menteng. Gw sampe ngelongok dari mobil keluar jendela untuk ngeliat karena penasaran. Sekitaran februari 2010, gw ngeliat lagi tuh kawanan sepeda lucu nan aneh di bandung, dan sampe situ penasaran gw udah pol-polan banget. Sempet mikir untuk nyamperin dan nanya, tapi gak jadi. Nah pertengahan tahun kalo gak salah, sekitar agustus 2010 gitu, gw ngeliat di bb temen gw ada bentuk 'sepeda lucu' itu, langsung gw tanya,
'ini sepeda apa sih?' Dia jawab 'ini fixie,' gw tanya lagi 'maksudnya? ' Dia malah bilang, 'tau nih sepeda apaan, tapi lucu kan?' Setelah gw tau itu namanya FIXIE, gw langsung googling nonstop, mulai dari forum-forum luar, toko, segala informasi yang mungkin gw harus tau tentang sepeda ini, dari sejak itu gw tau FG dan semua seluk beluknya, what who where when why and how. Dan gw makin seneng banget karena udah ada di KASKUS. Karena akhirnya nemu juga yang ngebahas gini dalam BAHASA INDONESIA. Crot, tau gini dari dulu gw gak usah susah-susah googling. Dari situ mulai cari tau lebih lanjut, ngobrol, bikin dan ngebangun sepedanya, ketemu anak kaskus yang lain, and the rest you know the story.

Gw : Rasanya gowes FG apa?
Dion : Pas sepeda gw jadi pertama kali, waktu itu jam 4 sore di mencos, si didin mekaniknya mencos, bilang ' bos sepeda nya udah nih tes dulu gih'. Gw langsung naek tanpa basa basi dan mulai genjot, tapi gak sampe 10 meteran gw balik lagi dengan keringet dingin dan dengan sok cool bilang ' udah enak nih sepedanya, pinggirin dulu deh, gw nunggu temen gue' padahal gw gak nunggu siapa-siapa. Itu karena adrenaline gw berlebihan dan excited. Dan gw tau ini sepeda bahaya banget, gw takut, seneng, penasaran dan gak sabar jadi satu. Karena pas sepeda gw bener-bener jadi, waktu itu takes 2 weeks untuk ngebangunnya, setelah sebelumnya hunting dulu. At first attempt semua perasaan campur baur, gw tau nih sepeda gak bisa berenti, gw tau ini sepeda seharusnya bakal enak banget, gw tau ini sepeda bisa bahaya, dan gw tau gue UDAH LAMA banget gak sepedaan, dan setelah sekian lama, pertama kali sepedaan langsung ke FG. GILA!

dion skid @ taman menteng

Tapi yang jelas, ni sepeda bukan main, gw bukan noobie yang gak pernah sepedaan dan begitu naek sepeda langsung ke FG, masa kecil gw diisi dengan bersepeda, mulai dari fujiwara gw, sampe si federal mtb dan federal versi balap (yg akhirnya jadi FG). Jadi gw udah ngerasain naek sepeda kemana2 dan terus2an. Gw kagum dengan simplisitas si sepeda ini, bener-bener kagum. Yang jelas ketika gowes FG, gue dapet kejujuran. Sepeda ini jujur banget sama pemiliknya, dia gak akan bohong. Kenapa gitu? Ini sepeda baru akan ngebawa sejauh mana pun selama si pemiliknya mampu, kalo cuma 5 km ya si sepeda dengan jujurnya gak akan maju lagi sesuai dengan kemampuan si pemiliknya. (catatan: dengan kondisi ni sepeda di gowes, bukan di naekin ke mobil, numpang ama ojek, atau cara2 lainya untuk memindahkan sepeda ini) Gara-gara itulah gw sadar, ini sepeda beneran ngikutin apa maunya si pemilik, dia gak banyak protes, tapi dia ngasih syarat, 'gw bisa nemenin lu kemanapun yang lu mau, sampai lu udah gak mampu lagi gowes, dan ketika lu udah gak mampu gowes, yaudah pinggirin gw aja, dan kita istirahat bareng-bareng. Dan naek sepeda FG itu penuh perjuangan, karena buat gw tiap gowesan itu adalah langkah perjuangan mati-matian, apalagi kalo jaraknya udah lebih dari 30 km-an. Dan ketika lu sampe di tujuan, perasaan 'menang' dan bangga yang gw dapet, sebenernya sih gw gak bisa ngegambarin perasaan ini secara deskriptif ya, susah banget digambarin soalnya, karena dengan perjuangan lu sendiri lu berhasil ngalahin diri lu sendiri.

Gw : Kalcer. Komen lu?
Dion : Ada dua sisi, pertama FUCK! Kedua ALHAMDULILLAH.

Alhamdulillah, karena anak-anak itu rela keringetan dan ngebangkitin lagi pasar sepeda di indonesia yang gitu-gitu aja. Meskipun masih terus didominasi brand luar dan sepeda gunung. Meskipun pengguna harian FG ini masih bisa gw itung sedikit ya, dibanding dengan sepeda laen.

FUCK, karena come on deh, masak setelah trend ini udah berusia lumayan lama. Dua tahun sebenernya bisa jadi udah gak disebut tren lagi, seharusnya jadi suatu yg settle, ditemukenali bukan lagi sebagai sebuah fenomena, tapi lebih ke arah kebiasaan, internalisasi nilai-nilai. Kok yang dipikirin masih aja merek yang mahal apa? Yang paling loncer apa? Yang paling banyak dibeli orang apa? Masak gitu terus? Kemakan gengsi. Gw akuin, pertama lihat sepeda ini dan akhirnya yang memutuskan untuk terjun ke dalamnya pasti jelas karena tampilannya. Gw taruhan 100 persen, gak ada orang yang bikin sepeda ini karena tau kalo ini adalah sepeda gir mati, gir paten. Kita semua terpikat dengan tampilannya, lalu kita tau apa ini, lalu kita jadi ngerti kenapa ini begini, dan setelah ngerti kita mulai nerima dan mikirin dengan jelas fungsinya apa sih gue bikin sepeda ini. Akan banyak sekali orang yang bikin bilang gini, 'gw beli merek ini karena emang review nya bagus kok, banyak yang rekomen, dan ketika dipake nanti jadi enak.' 'Ah gw pake yang merek ini aja ah, loncer'. Tapi apakah nantinya setelah beli lu bener-bener tau rasanya, kalo cuma lo pajang dan makenya cuma pas wekeend doang? Lu punya duit okeh, terserah lu, tapi apakah apakah alasan kayak gitu tadi, yang melegitimasi tindakan lu beli parts dengan harga dan fungsi yang gak sebanding bisa diterima akal sehat? Mann...

Dan kenapa begitu, ya karena kalcer. Siapa yang bikin kalcer? siapa lagi? Ya kita para pengguna. Kalcer yang terbangun adalah lu keren kalo sepeda lu minimal pake parts yang ternama, terkenal, banyak yg make, atau yang make adalah distinguished people, kayak artis atau pembalap, bukan karena lu liat fungsinya. Beberapa kawan kita termakan dengan hal kayak gitu sebelum liat fungsinya. Walaupun memang ada beberapa fungsi yang berharga lumayan. Gw gak bisa sangkal, untuk beli fungsi memang terkadang ada price yang harus lu bayar, istilahnya ada harga ada rupa, ono rego ono rupo.

Kalcer ini sebenernya harus jadi hal bagus, kalo kita kembali ke tujuan sepeda itu sendiri. Buat apa sih lu bangun sepeda? Kenapa sih pun kalo lu mau bikin sepeda mesti FG? Kalo pun lu akhirnya bikin FG kenapa FG lu 'yang kayak gitu' sih? Tapi, sampe akhirnya seseorang punya sepeda, udah mulai make, dan mulai gak puas ama sepedanya, dia biasanya lupa buat apa sih dia buat sepeda. Sepeda jadi sarana gengsi semata. Bukan sekedar alat transportasi.

Kalcer FG indo menurut gue tuh masih belum 'dewasa' 'labil' dan 'hipster', bukan karena banyak anak mudanya, tapi pun yang udah berumur seringkali ngalamin 'puber kedua'. Dulu orang gembar-gembor 'FG tu sepeda paling simple sedunia, gak butuh banyak gigi, mungkin juga bisa gak pake rem, gak banyak perawatan, etc etc.' Eh kenyataan nya ini sepeda jadi paling ribet sedunia, karena ribet upgradenya, ribet sama dirinya sendiri karena mengaku 'keracunan' sama beberapa hal, ribet sama ngerawatnya karena harus dilap tiap malem, biar selalu kinclong, etc etc. Tapi kadang malah lupa sama maintainance performa sepedanya dan juga dirinya sendiri, upgrade betis dan paha, jantung dan paru-paru.

Gw akuin ini sangat subjektif gw, so kalo ada yang gak sepaham ama gw, bring it on. Jadi apapun itu pilihan lo untuk membuat sepeda, itu prerogatif lu semua untuk bikin dan menikmati hasil jerih payah lu.

Yang penting:
'Mengerti Tujuannya, Tahu Resikonya, Paham Akibatnya'



Gw : Komen lu tentang fnf?
Dion : Gw harus komen apa soal FNF?? Gw masih ngerasa bagian dari fnf kok. Gw asalnya dari situ, gw gak bakal cabut, toh gw udah jadi keluarga situ. Cuma ya itu aja, semua orang, as in semua , orang bisa disitu, siapapun bisa masuk baca komen cabut udahan, di kaskus ya. Coba bandingin ama KOSKAS JAKTIM misalnya, ada sistem registrasi, atau kayak R2 yang jelas ada organisasi, di kaskus juga. Sebatas hal-hal kayak gitu yang lumayan bisa jadi potensi problem di fnf ketika lu gak tau siapa fnf itu sebenernya. Selama masih pake ego personal dan gak ada kedewasaan dalam etika berkomunitas, gw bilang etika berkomunitas karena gw yakin lu juga sepakat sama gw, fnf itu komunitas, bukan genk anak nongkrong sepulang sekolah doang yang kebetulan punya waktu banyak untuk ngobrol. Dan oleh karena itu, perasaan 'milik bersama', self belonging atau apalah itu, masih kurang banget di sini. Beberapa dengan seriusnya pengen ngajak 'keluarga' baru ini untuk saling kenal, tapi ada juga yang bilang mau ngapain sih lu sok bikin formal-formalan, toh masih pada sering nongkrong pas cfd kan? Sori, kalo untuk yang kayak gitu, gw sebenernya gak bisa terima kalo cuma masih mau nongkrong, sayang banget lah, masa cuma buat nongkrong doang? Liat senior kita yang udah menggowes jauh kemana-mana di usia yang gak lagi muda, lah kita yang punya kesempatan kemampuan untuk itu, malah gak punya kemauan. Ego personal tiap orangnya masih gede banget, termasuk gw juga, hahaha. Yang memilih untuk gowes jarak jauh, sedangkan temen-temen laennnya masih ada yang belum berani untuk ngelakuin kayak gitu.

Gw : Harapan yang belum tercapai di FG?
Dion : Pertanyaan yang ini ambigu nih. Kalo secara pribadi, gw belum punya sepeda yang partsnya spesial semua, yang semua fungsinya jalan sebagaimana mestinya dan bisa gw pake sehari-hari. Spesial bukan berarti harus bermerek, spesial berarti fungsinya okeh, jalan dengan lancar jaya, bisa dikendarain tiap hari minimal tanpa hambatan. Masalahnya sepeda gw aja bbnya aja ulirnya abis dan gw pake parts bekas semua. Gw masih setia sama dompet untuk nyesuain kemampuan dengan sepeda yang gw punya, toh bisa dipake gowes juga kan, bahkan kemana-mana masih bisa gw pake. Toh gw masih make fungsi sepeda sebagai alat sesuai kemampuan badan dan dompet, bukan make merek yang gak sesuai dengan kondisi dompet dan kebutuhan badan.

Kalo buat komunitas, gw masih belom kepikiran apa-apa. Kemaren gw udah ngasi ide yang lumayan banyak yang udah gw ceritain ke ian, mas suko, dan bom-bom, tapi ya mungkin udah lupa. Dan gue lagi sering lone rider.

Kalo untuk kalcer, ini gw nyerah banget deh. Nunggu pada bosen sama kalcer yang ini terus harga pada turun deh. Walopun kayaknya kans ke situ juga kecil, karena buktinya masih banyak yang senang dan antusias sama FG sebagai racun 'baru' yang seksi. 'Baru' itu sangat konotatif, karena 2 tahun bukan ukuran baru.

Semoga refleksi gw yang amburadul dan ngalor ngidul ini bisa bermanfaat buat yang gak baca. Loh!


Surat terbuka kepada juragan pizza di indonesia

Saya memohon kepada semua juragan pizza di indonesia agar MEREVISI ukuran potongan pizzanya atau MENGELUARKAN edisi khusus ukuran pizzanya tapi dengan harga yang wajar.

seperti contoh berikut :